Home » , , , » Paguyuban Bulan Agustus 2019 Kelas IV B

Paguyuban Bulan Agustus 2019 Kelas IV B

Oleh: "SDN 10 Muntok" | B.I.S.A Sabtu, 03 Agustus 2019
Oleh : Isriyanto, S.Pd.SD


A. Tempat & Waktu

Waktu Pelaksanaan:
  • Hari : Sabtu, 3 Agustus 2019
  • Waktu : 10.00 WIB s.d. 12.15 WIB
Tempat Pelaksanaan:
  • Tempat : Ruang Kelas IV B SD Negeri 10 Muntok
  • Alamat : Jl. Raya Muntok-Pangkalpinang Pal. IV, Kp. Daya Baru

B. Agenda Kegiatan
  • Laporan Nilai Belajar Bulan Juli 2019
  • Musyawarah kemajuan kelas

C. Deskripsi Kegiatan
Pertemuan di bulan Agustus dihadiri oleh 20 orang tua siswa. Pada pertemuan ini agenda utama penyampaian laporan nilai belajar siswa selama bulan Juli 2019 berupa:
  • Absensi siswa
Kehadiran siswa kelas IV B pada bulan Juli 2019 97,3%. Sakit (S) 1,0%, Izin (I) 1,5%, dan Alpa  (A) 0,2%. Tentang kehadiran siswa, guru kembali mengingatkan pentingnya kehadiran siswa dalam menunjang kegiatan pembelajaran bagi siswa. Sehingga jangan sampai kehadiran siswa dalam satu semester di bawah dari 85%, karena kehadiran juga menjadi faktor utama menunjang kenaikan kelas nantinya.


  • Hasil Ulangan Harian Sub Tema I Tema 1
Pada hari Rabu (31/07) dilaksanakan pengambilan nilai ulangan harian sub tema 1 tema 1. Berupa bentuk soal isian sebanyak 20 butir soal. Dari hasil ulangan harian tersebut didapatkan nilai rata-rata 49,48 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 10. Dari hasil tersebut masih jauh dari nilai yang diharapkan, maka guru mengingatkan kepada orang tua bahwa hari Senin (05/08)* akan dilaksanakan remedial ulangan untuk memperbaiki nilai yang kurang tersebut. Guru juga kembali mengingatkan agar orang tua lebih memberikan pengawasan terhadap belajar siswa di rumah agar bisa mendapatkan nilai yang lebih baik dari sebelumnya. 


  • Materi Esensial/Pokok bagi siswa
Pada pertemuan ini juga guru memberikan informasi kepada anggota paguyuban beberapa materi pokok bagi siswa agar menjadi perhatian orang tua di rumah. Agar orang tua juga memberikan penguatan terhadap materi tersebut maka guru memberikan beberapa metode pada pertemuan tersebut:

1. Materi perkalian
Untuk materi perkalian, guru mengajarkan metode Jarimatika yang penggunaannya cukup orang tua tahu perkalian satu sampai perkalian lima. Sedangkan perkalian 6 sampai 10 cukup dengan penggunaan jari tangan.

2. Materi Jenis-jenis Sudut
Untuk materi ini, guru mengajarkan metode dengan penggunaan lengan tangan dalam membedakan antara sudut siku-siku, sudut tumpul, dan sudut lancip.

Selain dari pada itu, guru juga mengingatkan tentang kegiatan ekstrakuriler pramuka yang wajib diikuti oleh siswa setiap hari Kamis.

Kemudian, dilanjutkan dengan musyawarah kemajuan kelas. Dari musyawarah tersebut muncul beberapa usulan diantara pengadaan kipas angin dan pengecetan ruang kelas.

D. Tindak Lanjut

  1. Diharapkan orang tua dapat memperhatikan kehadiran siswa, setiap hasil ulangan dan materi-materi pokok yang harus dikuasai oleh siswa terutama perkalian dan jenis-jenis sudut.
  2. Menunggu realisasi usulan pengadaan kipas angin dan pengecetan ruang kelas.

DOKUMENTASI







Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KARTINI KARTINI KARTINI
Flag Counter