Home » , , » Pembentukan Kombel Pemanfaatan Chromebook dalam Pembelajaran Kec. Mentok

Pembentukan Kombel Pemanfaatan Chromebook dalam Pembelajaran Kec. Mentok

Oleh: "SDN 10 Muntok" | B.I.S.A Selasa, 03 September 2024

Dalam upaya mewujudkan pendidikan yang lebih modern dan interaktif, Kecamatan Mentok resmi membentuk Komunitas Belajar (Kombel) Pemanfaatan Chromebook yang dilaksanakan di SDN 10 Mentok pada tanggal 4 September 2024. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh perwakilan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat, Bapak Amir Hamzah, S.Pd dan Ibu Eka Kurnia, S.Ap., serta diikuti oleh perwakilan dari 10 Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang menjadi penerima bantuan Chromebook, yaitu SDN 3, 4, 5, 8, 10, 13, 16, 22, 23, dan 24.

Acara dibuka oleh Bapak Amir Hamzah yang memberikan sambutan dan arahan terkait pentingnya pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran. Beliau menekankan bahwa Chromebook dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. “Dengan adanya Chromebook, diharapkan dapat memperkaya metode pembelajaran dan meningkatkan minat belajar siswa,” ujar Bapak Amir.

Dilanjutkan dengan pemaparan dari Ibu Eka Kurnia mengenai penggunaan akun belajar.id dan presentasi pemanfaatan akun belajar.id dan Chromebook khususnya di Kabupaten Bangka Barat. Beliau juga memberikan panduan praktis tentang cara memanfaatkan kedua platform tersebut secara optimal dalam kegiatan pembelajaran.

Salah satu poin penting dalam acara ini adalah pembentukan perangkat Kombel. Setelah melalui musyawarah, terpilihlah Ibu Lola Handhiana, S.Pd dari SDN 10 Mentok sebagai Ketua Kombel, Bapak Hendra Giri, S.Pd dari SDN 13 Mentok sebagai Wakil Ketua, Bapak Edy Rahmansyah, S.Pd dari SDN 22 Mentok sebagai Sekretaris, dan Ibu Dian Sapalena dari SDN 3 sebagai Bendahara. Disepakati nama komunitas belajarnya yaitu SIP CERDAS.

Sebagai bentuk praktik langsung, acara dilanjutkan dengan sesi berbagi praktik baik pemanfaatan Google Workspace for Education (GWfE), khususnya fitur Classroom dan Google Meet oleh Isriyanto, S,Pd.SD. Sedangkan, praktik pembelajaran Ibu Lola Handhiana dari SDN 10 Mentok akan melakukan demonstrasi pembelajaran daring menggunakan Google Meet bersama siswa SDN 22 Mentok dengan mata pelajaran Mulok materi Cerpen Bahasa Daerah sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

Dengan adanya Kombel Pemanfaatan Chromebook ini, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Selain itu, diharapkan juga dapat mendorong kolaborasi antar guru dalam mengembangkan materi pembelajaran yang inovatif.@
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KARTINI KARTINI KARTINI
Flag Counter