Home » » KURIKULUM TH. PELAJARAN 2011-2012

KURIKULUM TH. PELAJARAN 2011-2012

Oleh: "SDN 10 Muntok" | B.I.S.A Sabtu, 21 Mei 2011
BAB  I
PENDAHULUAN

A. Rasional / Latar Belakang ( Dasar Pemikiran  Penyusunan KTSP )

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan,  isi dan  bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi  tujuan  pendidikan  nasional  serta kesesuaian dengan kekhasan , kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebasb itu kurikulum disusun oleh  satuan  pendidikan  untuk  memungkunkan  penyesuaia  program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada didaerah.

Pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan ( KTSP ) yang  beragam  mengacu  pada standar nasional pendidikan untuk menjamin percapaian tujuan pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi , proses,  kopetensi  kelulusan , tenaga  kependidikan,   sarana   dan prasarana , pengelolaan , pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar  nasional pendidikan tersebut, yaitu: Standar Isi ( SI ) dan Standar Kompetensi Lulusan ( SKL ) merupakan acuan utama bagi satuan Pendidikan dalam mengembangkan kurikulum.

            Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di SD Bangka Barat apabila kegiatan belajar mampu membentuk pola tingkah laku peserta didik sesuai dengan tujuan  pendidikan serta dapat di evaluasi melalui pengukuran dengan menggunakan tes dan non tes .  Proses pembelajaran akan efektif apabila  dilakukan melalui persiapan yang cukup dan terencana dengan baik supaya dapat diterima untuk memenuhi :
1.       Kebutuhan masyarakat setempat dan masyarakat global
2.       Mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi perkembangan dunia global
3.       Sebagai proses untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi

 B.  LANDASAN
  1. Undang – undang Nomor  20 Tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional pasal 3 ayat 2 dan pasal 51 ayat 1
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 17 ayat 2, dan pasal 49 ayat 1
  3. Peraturan Mendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi
  4. Peraturan Mendiknas Nomor 23 Tahun 2006 Tetang Standar Kompetensi lulusan
  5. Peraturan Mendiknas Nomor 24 Tahun  2006 Tentang Pelaksaan Permendinas Nomor 22dan 23
  6. SK Direjen Mendikdasmen Nomor : 576 / C / KEP / TU / 2006 Tentang Bentuk LHBS Pererta Didik dan Tata Cara Penyusunan LHBS Peserta Didik Satuan Pendidikan Dasar dan Menegah
  7. Surat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Barat  Nomor : 422 .5 / 106 / III . 05 / 2007 Tentang Pelaksanaan Permendiknas Nomor : 22 , 23 dan 24 Tahun 2006
 C.  TUJUAN


Kurikulum SD Negeri  10  Muntok disusun sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan   pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan di SD Negeri  10 MuntokKewenangan sekolah dalam menyusun kurikulum memungkinkan sekolah menyesuaikan dengan tuntutat kebutuhan siswa , keadaan sekolah, dan kondisi daerah . Dengan demikian , daerah dan atau sekolah memiliki cukup kewenangan untuk merancang dan menentukan hal – hal yang akan diajarkan , pengelolaan pengalaman belajar, cara mengajar , dan menilai keberhasilan belajar mengajar.

                                                                     
BAB  II

A.  TUJUAN PENDIDIKAN DASAR
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan , pengetahuan , kepribadian , akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti kejenjang yang lebih tinggi.

B.  VISI, MISI , DAN TUJUAN SEKOLAH
1.  VISI
“ Unggul dalam berprestasi akademik ,  non akademik,  berpijak pada Agama dan budaya “
2.  MISI
  1. Menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran.
  2. Menumbuh kembangkan semangat keunggulan dan bernalar sehat kepaada peserta didik, guru dan karyawan sehingga berkemauan kuat untuk terus maju.
  3. Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama dan budaya bangsa serta berakhlak mulia

3.  TUJUAN SEKOLAH

  1. Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia yang berkepribadian ,  cerdas,  berkualitas dan berprestasi
  2. Menanamkan sikap ulet dan gigih dalam berkompetisi,  beradaptasi dengan lingkungan dan mengembangkan sifat sportifitas
  3. Membekali peserta didik agar memiliki tehnologi  informasi  dan komunikasi serta mampu mengembangkan diri secara mandiri

           
BAB  III
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

A.  KELOMPOK MATA PELAJARAN
Struktur dan Muatan kurikulum pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang tertuang dalam Standar  Isi meliputi lima kelompok mata pelajaran sebagai berikut:
1.       Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
2.       Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
3.      Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
4.      Kelompok mata pelajaran estetika
5.      Kelompok mata pelajaran jasmani ,   olahraga dan  kesehatan
Kelompok mata pelajaran tersebut dilaksanakan melalui muatan dan atau kegiatan pembelajaran sebagaimana diuraikan dalam PP 19/ 2005 pasal 7
Cakupan setiap kelompok mata pelajaran disajikan sebagai berikut :



Kelompok Mata Pelajaran

Cakupan
1.
Agama dan Akhlak Mulia
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
2.
Kewarganegaraan dan Kepribadian
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.
3.
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SD Bangka Barat dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis kreatif dan mandiri
4.
Estetika
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
5.
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SD Bangka Barat dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin, kerja sama, dan hidup sehat. Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual atau yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbatasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS. Demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.
6.
Ketrampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi Informasi dan Komunikasi
  1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi,dan prospeknya di masa datang
  2. Menguasai dasar-dasar ketrampilan komputer
  3. Menggunakan perangkat pengolah kata dan pengolah angka untuk menghasilkan dokumen sederhana
  4. Memahami prinsip dasar internet/intranet dan menggunakannya untuk memperoleh informasi



7   Prinsip Kurikulum

1.Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan  lingkungannya.
2.Beragam dan terpadu.
3.Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
4.Relevan dengan kebutuhan kehidupan.
5.Menyeluruh dan berkesinambungan.
6.Belajar sepanjang hayat.
7.Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
                                                                       
·      Prinsip Pelaksanaan Kurikulum
      Dalam pelaksanaan kurikulum di setiap satuan pendidikan menggunakan prinsip-prinsip sebagai berikut :
a.   Pelaksanaan kurikulum didasarkan pada potensi, perkembangan dan kondisi peserta didik  untuk  menguasai kompetensi yang berguna bagi dirinya.
b.     Kurikulum dilaksanakan dengan menegakkan kelima pilar belajar, yaitu:
    (a)  belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
    (b)  belajar untuk memahami dan menghayati,
    (c)  belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif,
    (d)  belajar untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan
    (e)   belajar untuk membangun dan menemukan jati diri, melalui proses pembelajaran yang 
           aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
c.   Pelaksanaan kurikulum memungkinkan peserta didik mendapat pelayanan yang bersifat  
     perbaikan, pengayaan, dan/atau percepatan sesuai dengan potensi, tahap perkembangan, dan  kondisi peserta didik dengan tetap memperhatikan keterpaduan pengembangan pribadi peserta didik yang berdimensi ke-Tuhanan, keindividuan, kesosialan, dan moral.

d.     Kurikulum dilaksanakan dalam suasana hubungan peserta didik dan pendidik yang saling
        menerima dan menghargai, akrab, terbuka, dan hangat, dengan prinsip tut wuri handayani, ing madia mangun karsa, ing ngarsa sung tulada (di belakang memberikan daya dan kekuatan, di
           tengah membangun semangat dan prakarsa, di depan memberikan contoh dan teladan).

e.      Kurikulum dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan multistrategi dan multimedia,  
        sumber belajar dan teknologi yang memadai, dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai
        sumber belajar, dengan prinsip alam takambang jadi guru (semua yang terjadi, tergelar dan
         berkembang di masyarakat dan lingkungan sekitar serta lingkungan alam semesta dijadikan
         sumber belajar, contoh dan teladan).

f. Kurikulum dilaksanakan dengan mendayagunakan kondisi alam, sosial dan budaya serta kekayaan daerah untuk keberhasilan pendidikan dengan muatan seluruh bahan kajian secara optimal.
g. Kurikulum yang mencakup seluruh komponen kompetensi mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri diselenggarakan dalam keseimbangan, keterkaitan, dan kesinambungan yang cocok dan memadai antarkelas dan jenis serta jenjang pendidikan

B. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
            1. SKL SATUAN PENDIDIKAN (SKL SP, SD/MI)

a.       Menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
b.      Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri
c.       Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya
d.      Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya
e.       Menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif.
f.       Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif, dengan bimbingan guru/pendidik
g.      Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya
h.      Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
i.        Menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial di lingkungan sekitar
j.        Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
k.      Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
l.        Menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal
m.    Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat ,bugar, aman, dan meamnfaatkan waktu luang

10
n.      Berkomunikasi secara jelas dan santun
o.      Bekerja sama dalam kelompok, tolong-menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya
p.      Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
q.      Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung

2. SKL KELOMPOK MATA PELAJARAN (SKL KMP-SD/MI)

a.      Agama dan Akhlak Mulia

1)      Menjalankan ajaran  agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
2)      Menunjukkan sikap jujur dan adil
3)      Mengenal keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya
4)      Berkomunikasi  secara santun yang mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan
5)      Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan meamanfaatkan waktu luang sesuai dengan tuntutan agamanya
6)      Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap sesama manusia dan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan

b.      Kewarganegaraan dan Kepribadian
1)      Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
2)      Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya
3)      Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya
4)      Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
5)      Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri
6)      Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya
7)      Berkomunikasi secara santun
8)      Menunjukkan kegemaran membaca
9)      Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang


11
10)  Bekerja sama dalam kelompok, tolong-menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya
11)  Menunjukkan kemampuan mengekpresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya local

c.       Ilmu Pengetahuan dan Teknolgi

1)      Mengenal dan menggunakan berbagai informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif
2)      Menujukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif dengan bimbingan guru/pendidik
3)      Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi
4)      Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
5)      Menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial di lingkungan sekitar
6)      Menunjukkan ketrampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung
7)      Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang

d.      Estetika

                              Menunjukkan kemampuan untuk melakukan seni dan budaya lokal

e.       Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

1)      Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang
2)      Mengenal berbagai informasi tentang potensi sumber daya lokal untuk menunjang hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang

3. (SKL) MATA PELAJARAN SD/MI
  1. Pendidikan Agama Islam

1)      Menyebutkan, menghafal, membaca dan mengartikan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, mulai surat Al-Fatihah sampai Al-’Alaq
2)      Mengenal dan meyakini aspek-aspek rukun iman dari iman kepada Allah sampai iman kepada Qadha dan Qadar
3)      Berperilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari serta menghindari perilaku tercela
4)      Mengenal dan melaksanakan rukun islam dari bersuci (thaharah) sampai zakat serta mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji
5)      Menceritakan kisah nabi-nabi serta mengambil teladan dari kisah tersebut dan menceritakan kisah tokoh orang-orang tercela dalam kehidupan nabi

  1. Pendidikan Kewarganegaraan

1)      Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
2)      Memahami dan menerapkan hidup rukun di rumah dan di sekolah
3)      Memahami kewajiban sebagai warga dalam keluarga dan sekolah
4)      Memahami hidup tertib dan gotong royong
5)      Menampilkan sikap cinta lingkungan dan demokratis
6)      Menampilkan perilaku jujur, disiplin,m senang bekerja dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
7)      Memahami sistem pemerintahan, baik pada tingkat daerah maupun pusat
8)      Memahami makna keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia, dengan kepatuhan terhadap undnag-undang, peraturan, kebiasaan, adat istiadat, kebiasaan, dan menghargai keputusan bersama
9)      Memahami dan menghargai makna nilai-nilai kejuangan bangsa
10)  Memahami hubungan Indonesia dengan negara tetangga dan politik luar negeri


  1. Bahasa Indonesia

1). Mendengarkan
  • Memahami wacana lisan berbentuk perintah, penjelasan, petunjuk, pesan, pengumuman, berita, deskripsi berbagai peristiwa dan benda di sekitar, serta karya sastra berbentuk dongeng, puisi, cerita, drama, pantun, dan cerita rakyat

2). Berbicara
  • Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan perkenalan, tegur sapa, percakapan sederhana, wawancara, percakapan telepon, diskusi, pidato, deskrisi peristiwa dan benda di sekitar, memberi petunjuk, deklamasi, cerita, pelaporan hasil pengamatan, pemahaman isi buku dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk dongeng, pantun, drama, dan puisi.

3). Membaca
  • Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana berupa petunjuk, teks panjang, dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk puisi, dongeng, pantun, percakapan, cerita dan drama

4). Menulis
  • Melakukan berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, parafrase, serta berbagai karya sastra untuk berbentuk cerita, puisi, dan pantun

  1. Matematika

1)      Memahami konsep bilangan bulat dan pecahan, operasi hitung dan sifat-sifatnya, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
2)      Memahami bangun datar dan bangun ruang sederhana, unsur-unsur dan sifat-sifatnya, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
3)      Memahami konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas, volume, sudut, waktu, kecepatan, debit, serta mengaplikasikannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
4)      Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari


14
5)      Memahami konsep pengumpulan data, penyajian data dengan tabel, gambar dan grafik (diagram), mengurutkan data, rentangan data, neraca hitung, modus, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
6)      Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan
7)      Memiliki kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif

  1. Ilmu Pengetahuan Alam

1)      Melakukan pengamatan terhadap gejala alam dan menceritakan hasil pengamatannya secara lisan dan tertulis
2)      Memahami penggolongan hewan dan tumbuhan, serta manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia, upaya pelestariannya, dan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya
3)      Memahami bagian-bagian tubuh pada manusia, hewan, dan tumbuhan, serta fungsinya dan perubahan pada makhluk hidup
4)      Memahami beragam sifat benda hubungannya dengan penyusunnya, perubahan wujud benda, dan kegunaannya
5)      Memahami berbagai bentuk energi, perubahan dan manfaatnya
6)      Memahami matahari sebagai pusat tata surya, kenampakan dan perubahan permukaan bumi, dan hubungan peristiwa alam dengan kegiatan manusia
a.      Ilmu Pengetahuan Sosial
1)      Memahami identitas diri dan keluarga, serta mewujudkan sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
2)      Mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga, serta kerja sama di antara keduanya
3)      Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
4)      Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota provinsi
5)      Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarah nasional, keragaman suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
6)      Menghargai peranan tokoh pejuang dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
7)      Memahami perkembangan wilayah Indonesia, keadaan sosial negara di Asia Tenggara serta benua-benua
8)      Mengenal gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga, serta dapat melakukan tindakan dalam menghadapi bencana alam
9)      Memahami peranan Indonesia di era global
15
b.      Seni Budaya dan Keterampilan
 Seni Rupa
1)      Mengapresiasi dan mengekspresikan keartistikan karya seni rupa terapan melalui gambar ilustrasi dengan tema benda alam yang ada di daerah setempat
2)      Mengapresiasi dan mengekspresikan keartistikan karya seni rupa murni melalui pembuatan relief dari bahan plastisin/tanah liat yang ada di daerah setempat
3)      Mengapresiasi dan mengekpresikan keunikan karya seni rupa nusantara dengan motif hias melalui gambar dekoratif dan ilustrasi bertema hewan, manusia dan kehidupannya serta motif hias dengan teknik batik
4)      Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa nusantara dengan motif hias melalui gambar dekoratif dan ilustrasi dengan tema bebas
5)      Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan karya seni rupa nusantara melalui pembuatan benda kreatif yang sesuai dengan potensi daerah setempat

Seni Musik
1)      Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan memperhatikan dinamika melalui berbagai ragam lagu daerah dan wajib dengan iringan alat musik sederhana daerah setempat
2)      Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan ansambel sejenis dan gabungan terhadap berbagai musik/lagu wajib, daerah dan nusantara
3)      Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan menyanyikan lagu wajib, daerah dan nusantara dengan memainkan alat musik sederhana daerah setempat

Seni Tari
1)      Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari dengan memperhatikan simbol dan keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari daerah setempat
2)      Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari dengan memperhatikan simbol dan keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari nusantara
3)      Mengapresiasi dan mengekspresikan perpaduan karya seni tari dan musik nusantara

Keterampilan
1)      Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan daerah setempat dengan teknik konstruksi
2)      Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan dan benda permainan dengan teknik meronce dan makrame
 3)      Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan anyaman dengan menggunakan berbagai bahan
4)      Mengapresiasi dan membuat karya benda mainan beroda dengan menggunakan berbagai bahan
h. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
1)      Mempraktekkan gerak dasar lari, lompat, dan jalan dalam permainan sederhana serta nilai-nilai dasar sportivitas seperti kejujuran, kerjasama, dan lain-lain
2)      Mempraktekkan gerak ritmik meliputi senam pagi, senam kesegaran  jasmani (SKJ), dan aerobik
3)      Mempraktekkan gerak ketangkasan seperti ketangkasan dengan dan tanpa alat, serta senam lantai
4)      Mempraktekkan gerak dasar renang dalam berbagai gaya serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
5)      Mempraktekkan latihan kebugaran dalam bentuk meningkatkan daya tahan kekuatan otot, kelenturan serta koordinasi otot
6)      Mempraktekkan berbagai keterampilan gerak dalam kegiatan penjelajahan di luar sekolah seperti perkemahan, piknik, dan lain-lain
7)      Memahami budaya hidup sehat dalam bntuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengenal makanan sehat, mengenal berbagai penyakit dan pencegahannya serta menghindarkan diri dari narkoba

i.        Muatan Lokal Lingkungan hidup
Tujuan
Tujuan dari penyusunan  materi Pendidikan Lingkungan Hidup adalah :
1.      Menyamakan persepsi semua pihak pada jenjang pendidikan dasar dan menengah tentang materi Pendidikan Lingkungan Hidup yang dikembangkan oleh sekolah
2.      Memberikan rambu – rambu dam bentuk rumusan Standar Kompentensi (SK ) dan Kompetensi Dasar ( KD ) yang dapat mengarahkan untuk penyusunan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaaran ( RPP ) pada jenjang pendidikan dasar
3.      Menjadi acuan dalam pemantauan dan penilaian pelaksanaan Pendidikan Lingkungan Hidup sebagai bahan pertimbangan dalam pembinaan selanjutnya.
Ruang Lingkup
Panduan materi Pendidikan Lingkungan Hidup terdiri dari :
1.      Materi pendidikan lingkungan hidup memuat uraian tentang peta materi pendidikan lingkungan hidup dan isi materi pendidikan lingkungan hidup.
2.      Petunjuk umum pelaksanaan memuat utraian tentang model pengembangan metode , metode pembelajaran , dan penilaian
                                                                       17
Materi Pendidikan Lingkungan Hidup
Disajikan secara berurutan sesuai dengan tingkat pendidikan dalam bentuk rumusan Standar Kompetensi ( SK ) dan rumusan Kompetensi Dasar ( KD )  sesuai dengan materi Pendidikan Lingkungan Hidup berdasarkan peta materi , penyajian materi dalam bentuk :
    1. Penyajian materi berdasarkan kelas
    2. Penyajian materi berdasarkan materi Pendidikan Lingkungan Hidup
Pendidikan lingkungan hidup dalam bentuk mata pelajaran muatan lokal atau secara integrasi dengan mata pelajaran lain yang terkait.

ii.                  Muatan Lokal Bahasa Inggris

1)      Mendengarkan
Memahami instruksi, informasi, dan cerita sangat sederhana yang disampaikan secara lisan dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar

2)      Berbicara
Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional sangat sederahana dalam bentuk instruksi dan informasi dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar

3)      Membaca
Membaca nyaring dan memahami makna dalam instruksi, informasi, teks fungsional pendek, dan teks deskriptif bergambar sangat sederahana yang disampaikan secara tertulis dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar

4)      Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ejaan dan tanda baca yang tepat

C. STRUKTUR KURIKULUM

Struktur kurikulum SD Negeri 10 Muntok disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut  :

  1. Kurikulum SD Negeri  10 Muntok memuat 8 mata pelajaran , muatan lokal dan pengembangan diri.


  1. Subtansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan “ IPA TERPADU “ dan “IPS TERPADU “.
  2. Pembelajaran pada kelas I sampai dengan III dilaksanakan melalui pendekatan tematik , Untuk  SD N 10 Muntok  kelas 1 – III  516-612 jam/ tahun, sedangkan pada kelas IV – VI Untuk
      SD N 10 Muntok  635 –  709 jam/ tahun dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
  1. Alokasi waktu satu jam pelajaran adalah 35 menit.
  2. Minggu efektif satu tahun pelajaran ( dua  semester ) adalah 34 - 38 minggu
                                                                       17
STRUKTUR KURIKULUM SD NEGERI 10 MUNTOK


KOMPONEN
Kelas dan Alokasi Waktu
I
II
III
IV , V , dan VI

A.  Mata Pelajaran

1.   Pendidikan Agama
3
3
3
3
2.   Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
2
3.   Bahasa Indonesia
8
7
7
6
4.   Metematika
7
8
8
6
5.   ILmu Pengetahuan Alam
2
2
2
4
6.   ILmu Pengetahuan Sosial
2
2
2
4
7.   Seni Budaya dan Keterampilan
3
3
3
4
8.   Pendidikan Jasmani, Olah raga, dan Kesehatan
2
3
3
4






B.  Muatan Lokal

1.   Kesenian Daerah bangka
1
1
1
1
2.    Lingkungan Hidup


1
2






C.   Pengembangan Diri






Jumlah

30

31

32

36

                                                         19
B.  Muatan Kurikulum di SD Negeri  10  Muntok
           
            Muatan kurikulum meliputi 8 mata pelajaran, 2 muatan lokal, dan 2 pengembangan diri.
           
1.    Mata Pelajaran
               Mata Pelajaran SD 10 Kecamatan Muntok terdiri dari 8 mata pelajaran yaitu  :
a.       Pendidikan Agama
b.      Pendidikan Kewarganegaraan
c.       Bahasa Indonersia
d.      Matematika
e.       Ilmu Pengetahuan Alam
f.       Ilmu Pengetahuan Sosial
g.      Seni Budaya dan Keterampilan
h.      Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan kesehatan
           
2.   Muatan Lokal
 Muatan lokal SD Negeri 10 Muntok terdiri atas   :
a.       Lingkungan Hidup

3.   Pengembangan Diri
1.  Bimbingan dan Penyuluhan
      a.  Bimbingan Konseling
      b.  Program Pembiasaan
Program Pembiasaan dilaksanakan dengan berbaris didepan kelas sebelum masuk kelas, berdoa sebelum dan pada akhir pembelajaran, dimaksudkan untuk sistem nilai.
Program pembiasaan meliputi salam setiap masuk dan meninggalkan kelas, tata krama  dan kebersihan budaya bangsa, ibadah, kedisiplinan dan budaya membaca.
Wali kelas dan guru mata pelajaran degan dibantu semua unsur di sekolah sebagai fasilitator . Pembiasaan dilaksanankan secara terprogram, rutin dan spontan.


Komponen
Pelaksanaan
Keterangan
1.      Berbaris di depan pintu
* Peserta meliputi seluruh siswa kelas 1s/d 6
Kegiatan dilakukan siswa setiap masuk kelas
2.   Berdo’a mengawali dan akhir  Pelajaran                        
* Seluruh warga kelas 1s/d 6
Kegiatan ini dilakukan siswa di bimbing guru
3.   Pemeriksaan Kebersihan
* Seluruh kelas 1 s/d 6
Dilaksanakan setiap hari senin diperiksa oleh guru
4.   Tatakrama
Sasaran siswa kelas 1 s/d 6 program kegiatan terprogram dan insidentil dan situasional
Personil sekolah menjadi fasilitator dan model
5.   Kedisiplinan
Sasaran siswa kelas 1 s/d 6
Program kegiatan meliputi kedisiplinan diri terhadap tugas dan tanggung jawab sehari-hari di sekolah, dirumah dan dilingkungan
Personil sekolah menjadi fasilitator dan model
6.  Budaya Membaca
  • Sasaran seluruh siswa kelas 1 s/d 6
  • Program kegiatan kelas 1 s/d 3 pembiasaan berkunjung dan membaca buku di perpustakaan
Program kegiatan kelas 4 s/d 6 pembiasaan tugas membaca buku
Pembiasaan berkunjung dilaksanakan rutin minimal sebulaln sekali pembiasaan tugas membaca minimal satu buku setiap minggu


2.      Pendidikan Karakter di integrasikan dengan mata pelajaran

SK dan KD memuat nilai – nilai :
1.      Religius
2.      Kejujuan
3.      Toleransi
4.      Disiplin
5.      Kerja keras
6.      Kreatifitas
7.      Kemandirian
8.      Demokratis
9.      Rasa Ingin Tahu
10.  Semangat Kebangsaan
11.  Cinta Tanah Air
12.  Menghargai Prestasi
13.  Bersahabat / Komunikatif
14.  Cinta Damai
15.  Senang Membaca
16.  Peduli Sosial
17.  Peduli Lingkungn
18.  Tanggung Jawab

INPRES NO. 1 TAHUN 2010

Bidang Pendidikan : Penguatan Metodologi dan Kurikulum
-          Penyempurnaan Kurikulum dan Metode Pembelajaran aktif berdasarkan nilai – nilai budaya bangsa untuk membenuk daya saing dan karakter bangsa
-          Terselenggaranya uji coba kurikulum dan metode pembelajaran aktif berdasarkan nilai nilai budaya bangsa untuk membentuk daya saing dan karakter bangsa

Pengertian karakter dan pendidikan karakter

-          Karakter adalah perilaku yang dilandasi oleh nilai – nilai berdasarkan norma agama kebudayaan hukum/ konstitusi, adat istiadat dan estetika
-          Pendidikan karrakter adalah upaya yng terendcana untuk menjadikan peserta didk mengenal, peduli dan menginternalisasi nilai – nilai sehingga peserta didik berperilaku sebagai insan kamil.


Tujuan Pendikan Karakter :


-          Meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan dan hasil pendidikan di sekolah melalui pembentukan karakter peserta didik secara utuh, terpadu dan seimbang, sesuai dengan standar kompetensi lulusan
Sasaran
-          Seluruh SDN 10 Muntok  Semua warga sekolah terutama para peserta didik sebagai prioritas utama
-          Pendidik berperan sebagai teladan ( Ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri hadayani )

Nilai Karakter dalam hubungan manusia dengan Tuhan
-          Religius

Nilai karakter dalam hubungannya dengan  diri sendiri
-          kejujuran
-          kecerdasan
-          rasa tanggung jawab
-          kebersihan dan kesehatan
-          kedisiplinan
 -          berpikir logis, kritis , kreatif, inovatif
-          ketangguhan
-          keingintahuan
-          cinta ilmu
-          rasa percaya diri
-          kemandirian
-          keberanian mengambil resiko
-          berorientasi pada tindakan
-          jiwa kepemimpinan
-          kerja keras

Nilai karakter dalam hubungan antar manusia
-          tolong- menolong
-          kesantunan
-          kesadaran akan hak dan kewajiban diri dan orang lain
-          kepatuhan pada aturan – aturan sosial
-          menghargai karya dan prestasi orang lain
-          demokrasi

Nilai karakter dalam hubungan manusia dengan lingkungan
-          kepedulian terhadap lingkungan
Nilai kebangsaan
-          nasionalisme
-          menghargai keberagaman

Nilai – nilai basis pengembangan karakter
-          religius
-          kejujuran
-          kecerdasan
-          tanggung jawab
-          kebersihan dan kesehatan
-          kedisiplinan
-          tolong – menolong
-          berpikir logis, kritis , kreatif dan inovatif


Ekstrakulikuler
Komponen
Pelaksanaan
Keterangan
1. Karate
  • Peserta merupakan siswa kelas 3 s/d 6 yang memiliki ketrampilan, kemampuan dasar seni bela diri
  • Program kegiatan melalui pendidikan dan latihan
Dilaksanakan diluar pelajaran pada sore hari jum’at
2. Renang
  • Peserta merupakan siswa kelas 4 s/d 6 yang memiliki kemampuan berenang
Dilaksanakan diluar pelajaran
Dilaksanakan setiap hari Rabu
3. Tenis Meja
  • Peserta merupakan siswa kelas 3 s/d 6 yang memiliki ketrampilan, kemampuan dasar tenis meja
  • Program kegiatan melalui pendidikan dan latihan
Dilaksanakan diluar pelajaran pada sore hari Sabtu


PROGRAM KARATE
NO
MATERI
SEMESTER I
SEMESTER II
Ket
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
1
Gerak dasar
v
v


















Ujian










Ujian

2
Kuda-kuda

v










3
Tendangan lurus


v









4
Tendangan samping


v
v








5
Tendangan belakang



v
v







6
Tendangan mutar




v







7
Pukulan lurus




v
v






8
Pukulan samping





v
v





9
Pukulan memutar






v





10
Tangkisan depan






v
v




11
Tangkisan samping







v




12
Langkah kaki siku








v



13
Ropel langkah








v
v


14
2 langkah samping









v
v

15
bantingan










v


















PROGRAM RENANG
NO
MATERI
SEMESTER I                           SEMESTER II
KET
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
1






2




3


4
GAYA KUPU-KUPU

Gerak maju
v
v










Mengapung

v
v









Gerakan tangan


v
v








Gerakan kaki                            



v
v







Melayang




v







GAYA DADA
Ayunan tangan




v
v






Gerak dada





v
v





Gerak kaki






v





GAYA PUNGGUNG
Gerak ayun tangan







v




Gerakan kaki







v




GAYA BEBAS
Gerakan tangan








v
v


Gerakan kaki









v
v
v














PROGRAM TENIS MEJA
NO
MATERI
SEMESTER I
SEMESTER II
KET
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
1






2




3



SERVIS

Melambungkan bola
v











cara memegang bet

v
v









Mengayun bet


v
v








Memukul bola



v








PUKULAN SERANG
Kecondongan bet




v







Cara mengayun bet




v
v






Gerak badan





v






Gerakan kaki






v
v




Ayunan bahu







v




BERTAHAN
Posisi bet







v




Mengayun bet








v
v


beghen









v
v

















                                                                                             
4.   Pengaturan Beban Belajar

                  Pengaturan Beban Belajar di SD Negeri  10Muntok sebagai berikut  :


BEBAN BELAJAR SD NEGERI  10 MUNTOK



SATUAN PENDIDI
KAN
KELAS
SATU JAM PEMBELAJA
RAN TATAP MUKA
(MENIT)
JUMLAH
JAM PEMBELA
JARAN PER
MINGGU
MINGGU EFEKTIF PER
TAHUN PELAJAR
AN
WAKTU PEMBELAJARAN PER TAHUN
JUMLAH JAM PER TAHUN ( @ 60 MENIT )
SD
1 s/d III
35
Kelas :
I.    30
II.   31
III.  32
38

Kelas  :
I.   1050
II.  1085
III. 1120
Jam pelajaran
Kelas  :
I.   37.800 menit
II.  39.060 menit
III.  40.320 menit
Kelas  :
I.   630
II.  651
III. 672

IV s/d VI
35
36
38

1260 jam pelajaran  ( 45360 menit )
756



5.    Ketuntasan Belajar
       Ketuntasan belajar setiap indikator yang telah ditetapkan dalam suatu kompetisi dasar
       berkisar antara 0 – 100 %


STANDAR KETUNTASAN BELAJAR SD NEGERI  10 MUNTOK
TAHUN PELAJARAN 2011 – 2012
Jumlah  jam tatap muka yang tercantum dalam struktur kurikulum sekolah adalah sebagai berikut :
No
Kelas
Jumlah Jam pelajaran tatap muka (JTM) per minggu
Tugas (40% x JTM per minggu x 35 menit)
1
I-III
30-32
Terstruktur dan mandiri
2
IV-VI
36
Terstruktur dan mandiri
           
            Pemanfaatan alokasi waktu kegiatan terstruktur dan tidak terstruktur sebanyak maksimum 40 % dari jumlah alokasi waktu tatap muka per mata pelajaran disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing mata pelajaran. Alokasi waktu dimaksud digunakan untuk pelaksanaan remedial dan pendalaman / pengayaan materi.

5.  KETUNTASAN  BELAJAR
            SD NEGERI 10Muntok Bangka Barat menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal  (KKM) dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik ,  kompleksitas,  serta kemampuan sumber daya pendukung dalam penyelenggaraan pembelajaran .
            Kriteria ketuntasan minimal mata pelajaran sebagai berikut
Mata Pelajaran
Kriteria Ketuntasan Minimal
Pengetahuan
Praktik
Sikap
KELAS
1
2
3
4
5
6


1.       Pendidikan Agama
65
65
65
65
63
65
-
B
2.       Pendidikan KN
60
62
60
60
65
65
-
B
3.       Bahasa Indonesia
60
60
60
60
60
60
-
B
4.       Matematika
60
60
60
60
60
60
-
B
5.       Ilmu Pengetahuan Alam
60
61
61
65
67
67
-
B
6.       Ilmu Pengetahuan Sosial
60
61
60
65
66
66

B
7.       Seni Budaya
65
60
65
65
65
65
-
B
8.       Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
65
65
65
65
65
65
-
B
A.      Muatan Lokal
Lingkungan Hidup
- Bahasa Inggris
60

-
60

-
65

60
65

63
65

62
65

63
B
B
B.      Pengembangan diri
- Pramuka








- BP/ Budi pekerti dan Akhlak Mulia






B
B

            Dari data yang ada di SD/MI Kab. Bangka Barat meningkatkan kriteria ketuntasan belajar secara bertahap dan terus menerus untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal yaitu 100.

6.   Kenaikan  Kelas

      kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun ajaran. Kritetia kenaikan kelas diatur
      oleh masing – masing direktoret tehnis terkait.


a.   Kriteria kenaikan kelas
      1.   Nilai rapor diambil dari nilai pengamatan, nilai harian, nilai tugas / PR, nilai tes
            tengah semester dijumlahkan untuk mencari nilai rata – rata setiap siswa dalam satu
            mata pelajaran , yang sesuai dengan criteria ketuntasan belajar minimal(KKM)
            di SD Negeri  10  Muntok.
      2.   Memiliki kenaikan kelas

b.   Penentuan kenaikan kelas
      1.   Penentuan siswa yang naik kelas dilakukan oleh sekolah dalam suatu rapat Dewan
            guru dengan mempertimbangkan KKM,


2.   Siswa yang dinyatakan naik kelas, rapornya dituliskan naik ke kelas.
3.   Siswa yang tidak naik kelas harus mengulang di kelasnya.


7.    Kelulusan

 Sesuai dengan ketentuan PP 19 / 2005 Pasal 72 Ayat ( 1 ), pereta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah  :

     a.   Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
b.  Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran
     kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok kewarganegaraan dan
     kepribadiaan, kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran
     jasmani , olahraga dan kesehatan.
c.  Lulus ujian sekolah / madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan
     dan teknologi ; dan
d.  Lulus Ujian Nasional


8.   Penentuan Kelulusan

a.   Kriteria Kelulusan

      Hasil ujian dituangkan kedalam blanko daftar nilai ujian hasil ujian dimanfaatkan
      sebagai bahan pertimbangan sekolah untuk penentuan kelulusan dengan kriteria
      sebagai berikut  :
1.   Memiliki nilai rapor kelas I – rapor kelas VI
2.   Telah mengikuti ujian sekolah dan memiliki nilai untuk seluruh mata pelajaran
      yang diujikan, minimal nilai masing – masing mata pelajaran  6,00

b.   Penentuan Kelulusan

1.   penetuan siswa yang lulus dilakukan oleh sekolah dalam suatu rapat dewan guru
      dengan mempertimbangkan nilai rapor, nilai ujian sekolah, sikap / pritual/ budi
      pekerti siswa yang bersangkutan dan memenuhi criteria kelulusan.
2.   Siswa yang dinyatakan lulus diberikan ijazah , dan rapor sampai dengan semester 2
      kelas VI Sekolah Dasar
3.   Siswa yang tidak lulus tidak memperoleh ijazah den mengulang di kelas terakhir


BAB  IV
III.  KALENDER PENDIDIKAN
Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran. Kealender pendidikan mencakup permulaan tuhan ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

ANALISA HARI BELAJAR EFEKTIF
KALENDER PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Keterangan
1
Permulaan tahun pelajaran
Awal tahun pelajaran
11 Juli 2011
2
Minggu efektif belajar
36 minggu

3
Ujian/ulangan
2  minggu (setiap semester 1 minggu)



Pada semester 1
Dilaksanakan pada :
Desember, tanggal 12-17
Pada semester 2dilaksanakan pada Juni, tanggal 4-9
4
Hari libur keagamaan
3 minggu
1.Libur awal Ramadhan
30 Juli s.d. 2 agustus
2. Libur Hari Raya Idul Fitri
25 Agustus s.d. 5 September
5
Jeda Tengah Semester
1 Minggu
(3 hari semester 1, dan 3 hari semester 2)
s.d. desember
s.d. juni
6
Pembagian Rapor
Akhir semester 1
24 Desember 2011
7
Jeda antarsemester
2 Minggu
26 Desember -7 januari
8
Ujian Sekolah
3 hari
7 mei-10 mei
9
Ujian Nasional
3 hari
7 mei-8 mei 2012
10
Pembagian Rapor
Akhir semester 2
23 juni 2012
11
Libur Akhir Tahun Pelajaran
2 Minggu
25 Juni s.d. 7 juli
12
Program Remidial
Sepanjang hari efektif belajar (16 hari efektif)
Untuk remedial proses
Untuk remidial  tes yang di laksanakan setelah ujian dengan menggunakan hari efektif belajar
13
Hari Libur Umum/Nasional
7 hari

Disesuaikan dengan pusat
14
Hari Libur Khusus
1 minggu
Sesuai dengan kondisi sekolah yang bersangkutan



BAB  V

PENUTUP

Dalam penyusunan Kurikulum  Sekolah  Dasar  Negeri  10   Muntok  Kabupaten  Bangka  Barat yang kami buat disimpulkan bahwa Kurikulum ini adalah  Kurikulum  operasional  yang  disusun  dan dilaksanakan oleh masing   masing satuan  pendidikan.  Diharapkan  dengan  adanya  Kurikulum  ini dapat dijadikan pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di  sekolah  untuk  mencapai  tujuan ditingkat satuan pendidikan.

Demikian Kurikulum SD Negeri  10  Kecamatan Muntok  Kabupaten Bangka Barat kami  susun semoga  dapat  memperlancar  dan   memperjelas    pelaksanaan   operasional   di  sekolah.   Jika    ada kekurangan, kelemahan dan kesalahan kami mohon kritik dan  saran  untuk  memperbaiki  penyusunan Kurikulum SD Negeri  10  Muntok Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat untuk masa yang akan datang.

LAMPIRAN
19.  SK, KD Mata Pelajaran dan Muatan Lokal
20.  Silabus Mata Pelajaran dan Muatan Lokal
21.  Program Mata Pelajaran dan Muatan Lokal
22.  Program Pengembangan Diri
23.  Pembagian tugas guru mengajar mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri

Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KARTINI KARTINI KARTINI
Flag Counter