BAB I
PENDAHULUAN
A. Rasional / Latar Belakang ( Dasar
Pemikiran Penyusunan KTSP )
Kurikulum merupakan seperangkat rencana
dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan
sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan
pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan , kondisi dan
potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebasb itu kurikulum
disusun oleh satuan pendidikan
untuk memungkunkan penyesuaia
program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada didaerah.
Pengembangan kurikulum tingkat satuan
pendidikan ( KTSP ) yang beragam mengacu
pada standar nasional pendidikan untuk menjamin percapaian tujuan
pendidikan nasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas standar isi ,
proses, kopetensi kelulusan , tenaga kependidikan, sarana
dan prasarana , pengelolaan , pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua
dari kedelapan standar nasional
pendidikan tersebut, yaitu: Standar Isi ( SI ) dan Standar Kompetensi Lulusan (
SKL ) merupakan acuan utama bagi satuan Pendidikan dalam mengembangkan
kurikulum.
Keberhasilan
penyelenggaraan pendidikan di SD Bangka Barat apabila kegiatan belajar mampu
membentuk pola tingkah laku peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan serta dapat di evaluasi melalui
pengukuran dengan menggunakan tes dan non tes .
Proses pembelajaran akan efektif apabila
dilakukan melalui persiapan yang cukup dan terencana dengan baik supaya
dapat diterima untuk memenuhi :
1. Kebutuhan masyarakat setempat dan masyarakat
global
2. Mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi
perkembangan dunia global
3. Sebagai proses untuk melanjutkan ke jenjang
yang lebih tinggi
B. LANDASAN
- Undang – undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional pasal 3 ayat 2 dan pasal 51 ayat 1
- Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 17 ayat 2, dan pasal 49 ayat 1
- Peraturan Mendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi
- Peraturan Mendiknas Nomor 23 Tahun 2006 Tetang Standar Kompetensi lulusan
- Peraturan Mendiknas Nomor 24 Tahun 2006 Tentang Pelaksaan Permendinas Nomor 22dan 23
- SK Direjen Mendikdasmen Nomor : 576 / C / KEP / TU / 2006 Tentang Bentuk LHBS Pererta Didik dan Tata Cara Penyusunan LHBS Peserta Didik Satuan Pendidikan Dasar dan Menegah
- Surat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Barat Nomor : 422 .5 / 106 / III . 05 / 2007 Tentang Pelaksanaan Permendiknas Nomor : 22 , 23 dan 24 Tahun 2006
C. TUJUAN
Kurikulum SD Negeri 10 Muntok disusun sebagai pedoman
penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan
di SD Negeri 10 MuntokKewenangan sekolah dalam menyusun kurikulum
memungkinkan sekolah menyesuaikan dengan tuntutat kebutuhan siswa , keadaan
sekolah, dan kondisi daerah . Dengan demikian , daerah dan atau sekolah
memiliki cukup kewenangan untuk merancang dan menentukan hal – hal yang akan
diajarkan , pengelolaan pengalaman belajar, cara mengajar , dan menilai
keberhasilan belajar mengajar.
BAB II
A. TUJUAN PENDIDIKAN DASAR
Tujuan
pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan , pengetahuan , kepribadian
, akhlak
mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti kejenjang yang lebih tinggi.
B. VISI, MISI , DAN TUJUAN SEKOLAH
1. VISI
“ Unggul dalam berprestasi akademik , non akademik,
berpijak pada Agama dan budaya “
2. MISI
- Menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran.
- Menumbuh kembangkan semangat keunggulan dan bernalar sehat kepaada peserta didik, guru dan karyawan sehingga berkemauan kuat untuk terus maju.
- Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama dan budaya bangsa serta berakhlak mulia
3. TUJUAN SEKOLAH
- Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia yang berkepribadian , cerdas, berkualitas dan berprestasi
- Menanamkan sikap ulet dan gigih dalam berkompetisi, beradaptasi dengan lingkungan dan mengembangkan sifat sportifitas
- Membekali peserta didik agar memiliki tehnologi informasi dan komunikasi serta mampu mengembangkan diri secara mandiri
BAB III
STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A. KELOMPOK MATA PELAJARAN
Struktur dan
Muatan kurikulum pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang tertuang dalam
Standar Isi meliputi lima kelompok mata
pelajaran sebagai berikut:
1.
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
2. Kelompok
mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
3.
Kelompok
mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
4. Kelompok
mata pelajaran estetika
5.
Kelompok
mata pelajaran jasmani , olahraga
dan kesehatan
Kelompok
mata pelajaran tersebut dilaksanakan melalui muatan dan atau kegiatan pembelajaran
sebagaimana diuraikan dalam PP 19/ 2005 pasal 7
Cakupan setiap kelompok mata
pelajaran disajikan sebagai berikut :
Kelompok Mata Pelajaran
|
Cakupan
|
|
1.
|
Agama dan
Akhlak Mulia
|
Kelompok mata
pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik
menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta
berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral
sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
|
2.
|
Kewarganegaraan
dan Kepribadian
|
Kelompok mata
pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan
kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak dan kewajibannya dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas
dirinya sebagai manusia.
Kesadaran dan
wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara,
penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian
lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial,
ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti
korupsi, kolusi, dan nepotisme.
|
3.
|
Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi
|
Kelompok mata
pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SD Bangka Barat dimaksudkan
untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta
membudayakan berpikir ilmiah secara kritis kreatif dan mandiri
|
4.
|
Estetika
|
Kelompok mata
pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan
mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan
mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi
dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan
mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu
menciptakan kebersamaan yang harmonis.
|
5.
|
Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan
|
Kelompok mata
pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SD Bangka Barat dimaksudkan
untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin,
kerja sama, dan hidup sehat. Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap,
dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual atau yang bersifat kolektif
kemasyarakatan seperti keterbatasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan
narkoba, HIV/AIDS. Demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial
untuk mewabah.
|
6.
|
Ketrampilan
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
7 Prinsip Kurikulum
1.Berpusat pada potensi, perkembangan,
kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.
2.Beragam
dan terpadu.
3.Tanggap terhadap perkembangan ilmu
pengetahuan, teknologi, dan seni.
4.Relevan
dengan kebutuhan kehidupan.
5.Menyeluruh
dan berkesinambungan.
6.Belajar
sepanjang hayat.
7.Seimbang
antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah
·
Prinsip Pelaksanaan Kurikulum
Dalam
pelaksanaan kurikulum di setiap satuan pendidikan menggunakan prinsip-prinsip
sebagai berikut :
a. Pelaksanaan
kurikulum didasarkan pada potensi, perkembangan dan kondisi peserta didik untuk menguasai
kompetensi yang berguna bagi dirinya.
b. Kurikulum dilaksanakan dengan menegakkan
kelima pilar belajar, yaitu:
(a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa,
(b) belajar untuk memahami dan menghayati,
(c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat
secara efektif,
(d) belajar
untuk hidup bersama dan berguna bagi orang lain, dan
(e) belajar untuk membangun dan menemukan jati
diri, melalui proses pembelajaran yang
aktif, kreatif, efektif, dan
menyenangkan.
c. Pelaksanaan
kurikulum memungkinkan peserta didik mendapat pelayanan yang bersifat
perbaikan,
pengayaan, dan/atau percepatan sesuai dengan potensi, tahap perkembangan, dan kondisi
peserta didik dengan tetap memperhatikan keterpaduan pengembangan pribadi
peserta didik
yang berdimensi ke-Tuhanan, keindividuan, kesosialan, dan moral.
d. Kurikulum
dilaksanakan dalam suasana hubungan peserta didik dan pendidik yang saling
menerima
dan menghargai, akrab, terbuka, dan hangat, dengan prinsip tut wuri
handayani, ing madia mangun karsa, ing ngarsa sung tulada (di
belakang memberikan daya dan kekuatan, di
tengah membangun semangat dan prakarsa, di depan memberikan contoh dan
teladan).
e. Kurikulum
dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan multistrategi dan multimedia,
sumber
belajar dan teknologi yang memadai, dan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai
sumber
belajar, dengan prinsip alam takambang jadi guru (semua yang terjadi,
tergelar dan
berkembang
di masyarakat dan lingkungan sekitar serta lingkungan alam semesta dijadikan
sumber
belajar, contoh dan teladan).
f. Kurikulum dilaksanakan dengan mendayagunakan
kondisi alam, sosial dan budaya serta kekayaan daerah untuk keberhasilan
pendidikan dengan muatan seluruh bahan kajian secara optimal.
g. Kurikulum yang mencakup seluruh komponen
kompetensi mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri diselenggarakan
dalam keseimbangan, keterkaitan, dan kesinambungan yang cocok dan memadai
antarkelas dan jenis serta jenjang pendidikan
B. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
1. SKL SATUAN PENDIDIKAN
(SKL SP, SD/MI)
a. Menjalankan ajaran agama yang dianut
sesuai dengan tahap perkembangan anak
b. Mengenal kekurangan dan kelebihan diri
sendiri
c. Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku
dalam lingkungannya
d. Menghargai keberagaman agama, budaya,
suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya
e. Menggunakan informasi tentang lingkungan
sekitar secara logis, kritis, dan kreatif.
f. Menunjukkan kemampuan berpikir logis,
kritis, dan kreatif, dengan bimbingan guru/pendidik
g. Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi
dan menyadari potensinya
h. Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah
sederhana dalam kehidupan sehari-hari
i.
Menunjukkan
kemampuan mengenali gejala alam dan sosial di lingkungan sekitar
j.
Menunjukkan
kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
k. Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan
terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
l.
Menunjukkan
kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal
m. Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat
,bugar, aman, dan meamnfaatkan waktu luang
10
n. Berkomunikasi secara jelas dan santun
o. Bekerja sama dalam kelompok,
tolong-menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman
sebaya
p. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
q. Menunjukkan keterampilan menyimak,
berbicara, membaca, menulis, dan berhitung
2. SKL KELOMPOK MATA PELAJARAN (SKL KMP-SD/MI)
a.
Agama dan Akhlak Mulia
1) Menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap
perkembangan anak
2) Menunjukkan sikap jujur dan adil
3) Mengenal keberagaman agama, budaya, suku,
ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya
4) Berkomunikasi secara santun yang mencerminkan harkat dan
martabatnya sebagai makhluk Tuhan
5) Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat,
bugar, aman, dan meamanfaatkan waktu luang sesuai dengan tuntutan agamanya
6) Menunjukkan kecintaan dan kepedulian
terhadap sesama manusia dan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan
b.
Kewarganegaraan dan Kepribadian
1) Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan
terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
2) Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku
dalam lingkungannya
3) Menghargai keberagaman agama, budaya,
suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya
4) Menunjukkan kecintaan dan kepedulian
terhadap lingkungan
5) Mengenal kekurangan dan kelebihan diri
sendiri
6) Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi
dan menyadari potensinya
7) Berkomunikasi secara santun
8) Menunjukkan kegemaran membaca
9) Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat,
bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
11
10) Bekerja sama dalam kelompok,
tolong-menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman
sebaya
11) Menunjukkan kemampuan mengekpresikan diri
melalui kegiatan seni dan budaya local
c.
Ilmu Pengetahuan dan Teknolgi
1) Mengenal dan menggunakan berbagai
informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif
2) Menujukkan kemampuan berpikir logis,
kritis, dan kreatif dengan bimbingan guru/pendidik
3) Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi
4) Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah
sederhana dalam kehidupan sehari-hari
5) Menunjukkan kemampuan mengenali gejala
alam dan sosial di lingkungan sekitar
6) Menunjukkan ketrampilan menyimak,
berbicara, membaca, menulis, dan berhitung
7) Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat,
bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
d.
Estetika
Menunjukkan kemampuan untuk melakukan
seni dan budaya lokal
e.
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
1) Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat,
bugar, aman dan memanfaatkan waktu luang
2) Mengenal berbagai informasi tentang
potensi sumber daya lokal untuk menunjang hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan
memanfaatkan waktu luang
3. (SKL) MATA PELAJARAN SD/MI
- Pendidikan Agama Islam
1) Menyebutkan, menghafal, membaca dan
mengartikan surat-surat pendek dalam Al-Qur’an, mulai surat Al-Fatihah sampai Al-’Alaq
2) Mengenal dan meyakini aspek-aspek rukun
iman dari iman kepada Allah sampai iman kepada Qadha dan Qadar
3) Berperilaku terpuji dalam kehidupan
sehari-hari serta menghindari perilaku tercela
4) Mengenal dan melaksanakan rukun islam dari
bersuci (thaharah) sampai zakat serta mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah
haji
5) Menceritakan kisah nabi-nabi serta
mengambil teladan dari kisah tersebut dan menceritakan kisah tokoh orang-orang
tercela dalam kehidupan nabi
- Pendidikan Kewarganegaraan
1) Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan
2) Memahami dan menerapkan hidup rukun di
rumah dan di sekolah
3) Memahami kewajiban sebagai warga dalam
keluarga dan sekolah
4)
Memahami hidup tertib dan gotong royong
5) Menampilkan sikap cinta lingkungan dan
demokratis
6) Menampilkan perilaku jujur, disiplin,m
senang bekerja dan anti korupsi dalam kehidupan sehari-hari, sesuai dengan
nilai-nilai Pancasila
7) Memahami sistem pemerintahan, baik pada
tingkat daerah maupun pusat
8) Memahami makna keutuhan negara kesatuan
Republik Indonesia, dengan kepatuhan terhadap undnag-undang, peraturan,
kebiasaan, adat istiadat, kebiasaan, dan menghargai keputusan bersama
9) Memahami dan menghargai makna nilai-nilai
kejuangan bangsa
10) Memahami hubungan Indonesia dengan negara
tetangga dan politik luar negeri
- Bahasa Indonesia
1). Mendengarkan
- Memahami wacana lisan berbentuk perintah, penjelasan, petunjuk, pesan, pengumuman, berita, deskripsi berbagai peristiwa dan benda di sekitar, serta karya sastra berbentuk dongeng, puisi, cerita, drama, pantun, dan cerita rakyat
2). Berbicara
- Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan perkenalan, tegur sapa, percakapan sederhana, wawancara, percakapan telepon, diskusi, pidato, deskrisi peristiwa dan benda di sekitar, memberi petunjuk, deklamasi, cerita, pelaporan hasil pengamatan, pemahaman isi buku dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk dongeng, pantun, drama, dan puisi.
3). Membaca
- Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami wacana berupa petunjuk, teks panjang, dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk puisi, dongeng, pantun, percakapan, cerita dan drama
4). Menulis
- Melakukan berbagai jenis kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, parafrase, serta berbagai karya sastra untuk berbentuk cerita, puisi, dan pantun
- Matematika
1) Memahami konsep bilangan bulat dan
pecahan, operasi hitung dan sifat-sifatnya, serta menggunakannya dalam
pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
2) Memahami bangun datar dan bangun ruang
sederhana, unsur-unsur dan sifat-sifatnya, serta menerapkannya dalam pemecahan
masalah kehidupan sehari-hari
3) Memahami konsep ukuran dan pengukuran
berat, panjang, luas, volume, sudut, waktu, kecepatan, debit, serta
mengaplikasikannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
4) Memahami konsep koordinat untuk menentukan
letak benda dan menggunakannya dalam pemecahan masalah kehidupan sehari-hari
14
5) Memahami konsep pengumpulan data,
penyajian data dengan tabel, gambar dan grafik (diagram), mengurutkan data,
rentangan data, neraca hitung, modus, serta menerapkannya dalam pemecahan
masalah kehidupan sehari-hari
6) Memiliki sikap menghargai matematika dan
kegunaannya dalam kehidupan
7) Memiliki kemampuan berpikir logis, kritis,
dan kreatif
- Ilmu Pengetahuan Alam
1) Melakukan pengamatan terhadap gejala alam
dan menceritakan hasil pengamatannya secara lisan dan tertulis
2) Memahami penggolongan hewan dan tumbuhan,
serta manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia, upaya pelestariannya, dan
interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya
3) Memahami bagian-bagian tubuh pada manusia,
hewan, dan tumbuhan, serta fungsinya dan perubahan pada makhluk hidup
4) Memahami beragam sifat benda hubungannya
dengan penyusunnya, perubahan wujud benda, dan kegunaannya
5) Memahami berbagai bentuk energi, perubahan
dan manfaatnya
6) Memahami matahari sebagai pusat tata
surya, kenampakan dan perubahan permukaan bumi, dan hubungan peristiwa alam
dengan kegiatan manusia
a.
Ilmu Pengetahuan Sosial
1) Memahami identitas diri dan keluarga,
serta mewujudkan sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga
2) Mendeskripsikan kedudukan dan peran
anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga, serta kerja sama di antara
keduanya
3) Memahami sejarah, kenampakan alam, dan
keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
4) Mengenal sumber daya alam, kegiatan
ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/kota provinsi
5) Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh
sejarah nasional, keragaman suku bangsa serta kegiatan ekonomi di Indonesia
6) Menghargai peranan tokoh pejuang dalam
mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
7)
Memahami perkembangan wilayah Indonesia,
keadaan sosial negara di Asia Tenggara serta benua-benua
8) Mengenal gejala (peristiwa) alam yang
terjadi di Indonesia dan negara tetangga, serta dapat melakukan tindakan dalam
menghadapi bencana alam
9)
Memahami peranan Indonesia di era global
15
b.
Seni Budaya dan Keterampilan
Seni Rupa
1) Mengapresiasi dan mengekspresikan
keartistikan karya seni rupa terapan melalui gambar ilustrasi dengan tema benda
alam yang ada di daerah setempat
2) Mengapresiasi dan mengekspresikan
keartistikan karya seni rupa murni melalui pembuatan relief dari bahan
plastisin/tanah liat yang ada di daerah setempat
3) Mengapresiasi dan mengekpresikan keunikan
karya seni rupa nusantara dengan motif hias melalui gambar dekoratif dan
ilustrasi bertema hewan, manusia dan kehidupannya serta motif hias dengan
teknik batik
4) Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan
karya seni rupa nusantara dengan motif hias melalui gambar dekoratif dan
ilustrasi dengan tema bebas
5) Mengapresiasi dan mengekspresikan keunikan
karya seni rupa nusantara melalui pembuatan benda kreatif yang sesuai dengan
potensi daerah setempat
Seni Musik
1) Mengapresiasi dan mengekspresikan karya
seni musik dengan memperhatikan dinamika melalui berbagai ragam lagu daerah dan
wajib dengan iringan alat musik sederhana daerah setempat
2) Mengapresiasi dan mengekspresikan karya
seni musik dengan ansambel sejenis dan gabungan terhadap berbagai musik/lagu
wajib, daerah dan nusantara
3) Mengapresiasi dan mengekspresikan karya
seni musik dengan menyanyikan lagu wajib, daerah dan nusantara dengan memainkan
alat musik sederhana daerah setempat
Seni Tari
1) Mengapresiasi dan mengekspresikan karya
seni tari dengan memperhatikan simbol dan keunikan gerak, busana, dan
perlengkapan tari daerah setempat
2) Mengapresiasi dan mengekspresikan karya
seni tari dengan memperhatikan simbol dan keunikan gerak, busana, dan
perlengkapan tari nusantara
3) Mengapresiasi dan mengekspresikan
perpaduan karya seni tari dan musik nusantara
Keterampilan
1) Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan
daerah setempat dengan teknik konstruksi
2) Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan
dan benda permainan dengan teknik meronce dan makrame
3) Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan
anyaman dengan menggunakan berbagai bahan
4) Mengapresiasi dan membuat karya benda
mainan beroda dengan menggunakan berbagai bahan
h. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
1) Mempraktekkan gerak dasar lari, lompat,
dan jalan dalam permainan sederhana serta nilai-nilai dasar sportivitas seperti
kejujuran, kerjasama, dan lain-lain
2) Mempraktekkan gerak ritmik meliputi senam
pagi, senam kesegaran jasmani (SKJ), dan
aerobik
3) Mempraktekkan gerak ketangkasan seperti
ketangkasan dengan dan tanpa alat, serta senam lantai
4) Mempraktekkan gerak dasar renang dalam
berbagai gaya serta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
5) Mempraktekkan latihan kebugaran dalam
bentuk meningkatkan daya tahan kekuatan otot, kelenturan serta koordinasi otot
6) Mempraktekkan berbagai keterampilan gerak
dalam kegiatan penjelajahan di luar sekolah seperti perkemahan, piknik, dan
lain-lain
7) Memahami budaya hidup sehat dalam bntuk
menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengenal makanan sehat, mengenal
berbagai penyakit dan pencegahannya serta menghindarkan diri dari narkoba
i.
Muatan Lokal Lingkungan hidup
Tujuan
Tujuan dari penyusunan materi Pendidikan Lingkungan Hidup adalah :
1. Menyamakan persepsi semua pihak pada
jenjang pendidikan dasar dan menengah tentang materi Pendidikan Lingkungan Hidup
yang dikembangkan oleh sekolah
2. Memberikan rambu – rambu dam bentuk
rumusan Standar Kompentensi (SK ) dan Kompetensi Dasar ( KD ) yang dapat
mengarahkan untuk penyusunan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaaran ( RPP
) pada jenjang pendidikan dasar
3. Menjadi acuan dalam pemantauan dan
penilaian pelaksanaan Pendidikan Lingkungan Hidup sebagai bahan pertimbangan
dalam pembinaan selanjutnya.
Ruang Lingkup
Panduan materi Pendidikan Lingkungan Hidup terdiri
dari :
1. Materi pendidikan lingkungan hidup memuat
uraian tentang peta materi pendidikan lingkungan hidup dan isi materi
pendidikan lingkungan hidup.
2. Petunjuk umum pelaksanaan memuat utraian
tentang model pengembangan metode , metode pembelajaran , dan penilaian
17
Materi Pendidikan Lingkungan Hidup
Disajikan secara berurutan sesuai dengan tingkat
pendidikan dalam bentuk rumusan Standar Kompetensi ( SK ) dan rumusan
Kompetensi Dasar ( KD ) sesuai dengan
materi Pendidikan Lingkungan Hidup berdasarkan peta materi , penyajian materi
dalam bentuk :
- Penyajian materi berdasarkan kelas
- Penyajian materi berdasarkan materi Pendidikan Lingkungan Hidup
Pendidikan lingkungan hidup dalam bentuk mata
pelajaran muatan lokal atau secara integrasi dengan mata pelajaran lain yang
terkait.
ii.
Muatan Lokal Bahasa Inggris
1) Mendengarkan
Memahami instruksi, informasi,
dan cerita sangat sederhana yang disampaikan secara lisan dalam konteks kelas,
sekolah, dan lingkungan sekitar
2) Berbicara
Mengungkapkan makna secara
lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional sangat sederahana dalam
bentuk instruksi dan informasi dalam konteks kelas, sekolah, dan lingkungan
sekitar
3) Membaca
Membaca nyaring dan memahami
makna dalam instruksi, informasi, teks fungsional pendek, dan teks deskriptif
bergambar sangat sederahana yang disampaikan secara tertulis dalam konteks
kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar
4) Menulis
Menuliskan kata, ungkapan, dan
teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ejaan dan tanda baca yang tepat
C. STRUKTUR KURIKULUM
Struktur
kurikulum SD Negeri 10 Muntok disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan
dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan sebagai berikut :
- Kurikulum SD Negeri 10 Muntok memuat 8 mata pelajaran , muatan lokal dan pengembangan diri.
- Subtansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan “ IPA TERPADU “ dan “IPS TERPADU “.
- Pembelajaran pada kelas I sampai dengan III dilaksanakan melalui pendekatan tematik , Untuk SD N 10 Muntok kelas 1 – III 516-612 jam/ tahun, sedangkan pada kelas IV – VI Untuk
SD N 10
Muntok 635 – 709 jam/ tahun dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
- Alokasi waktu satu jam pelajaran adalah 35 menit.
- Minggu efektif satu tahun pelajaran ( dua semester ) adalah 34 - 38 minggu
17
STRUKTUR
KURIKULUM SD NEGERI 10 MUNTOK
KOMPONEN
|
Kelas dan Alokasi Waktu
|
|||
I
|
II
|
III
|
IV , V , dan VI
|
|
A. Mata Pelajaran
|
||||
1. Pendidikan Agama
|
3
|
3
|
3
|
3
|
2. Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
2
|
3. Bahasa Indonesia
|
8
|
7
|
7
|
6
|
4. Metematika
|
7
|
8
|
8
|
6
|
5. ILmu
Pengetahuan Alam
|
2
|
2
|
2
|
4
|
6. ILmu Pengetahuan Sosial
|
2
|
2
|
2
|
4
|
7. Seni Budaya dan Keterampilan
|
3
|
3
|
3
|
4
|
8.
Pendidikan Jasmani, Olah raga, dan Kesehatan
|
2
|
3
|
3
|
4
|
B. Muatan Lokal
|
||||
1. Kesenian Daerah bangka
|
1
|
1
|
1
|
1
|
2. Lingkungan Hidup
|
1
|
2
|
||
C.
Pengembangan Diri
|
||||
Jumlah
|
30
|
31
|
32
|
36
|
19
B. Muatan Kurikulum di SD Negeri 10
Muntok
Muatan kurikulum meliputi
8 mata pelajaran, 2 muatan lokal, dan 2 pengembangan diri.
1. Mata Pelajaran
Mata Pelajaran SD 10
Kecamatan Muntok terdiri dari 8 mata pelajaran yaitu :
a.
Pendidikan Agama
b.
Pendidikan Kewarganegaraan
c.
Bahasa Indonersia
d.
Matematika
e.
Ilmu Pengetahuan Alam
f.
Ilmu Pengetahuan Sosial
g.
Seni Budaya dan Keterampilan
h.
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan kesehatan
2. Muatan Lokal
Muatan lokal SD Negeri
10 Muntok terdiri atas :
a.
Lingkungan Hidup
3.
Pengembangan Diri
1. Bimbingan dan Penyuluhan
a. Bimbingan
Konseling
b. Program Pembiasaan
Program Pembiasaan
dilaksanakan dengan berbaris didepan kelas sebelum masuk kelas, berdoa sebelum
dan pada akhir pembelajaran, dimaksudkan untuk sistem nilai.
Program pembiasaan meliputi
salam setiap masuk dan meninggalkan kelas, tata krama dan kebersihan budaya bangsa, ibadah,
kedisiplinan dan budaya membaca.
Wali kelas dan guru mata
pelajaran degan dibantu semua unsur di sekolah sebagai fasilitator . Pembiasaan
dilaksanankan secara terprogram, rutin dan spontan.
Komponen
|
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1. Berbaris di depan pintu
|
* Peserta meliputi seluruh siswa kelas 1s/d 6
|
Kegiatan dilakukan siswa setiap masuk kelas
|
2. Berdo’a
mengawali dan akhir Pelajaran
|
* Seluruh
warga kelas 1s/d 6
|
Kegiatan ini dilakukan siswa di bimbing guru
|
3. Pemeriksaan
Kebersihan
|
* Seluruh
kelas 1 s/d 6
|
Dilaksanakan setiap hari senin diperiksa oleh
guru
|
4. Tatakrama
|
Sasaran siswa
kelas 1 s/d 6 program kegiatan terprogram dan insidentil dan situasional
|
Personil sekolah menjadi fasilitator dan model
|
5. Kedisiplinan
|
Sasaran siswa kelas 1 s/d 6
Program kegiatan meliputi kedisiplinan diri
terhadap tugas dan tanggung jawab sehari-hari di sekolah, dirumah dan
dilingkungan
|
Personil sekolah menjadi fasilitator dan model
|
6. Budaya
Membaca
|
Program kegiatan kelas 4 s/d 6 pembiasaan tugas
membaca buku
|
Pembiasaan berkunjung dilaksanakan rutin minimal
sebulaln sekali pembiasaan tugas membaca minimal satu buku setiap minggu
|
2. Pendidikan Karakter di integrasikan dengan
mata pelajaran
SK dan KD memuat nilai – nilai
:
1. Religius
2. Kejujuan
3. Toleransi
4. Disiplin
5. Kerja keras
6. Kreatifitas
7. Kemandirian
8. Demokratis
9. Rasa Ingin Tahu
10. Semangat Kebangsaan
11. Cinta Tanah Air
12. Menghargai Prestasi
13. Bersahabat / Komunikatif
14. Cinta Damai
15. Senang Membaca
16. Peduli Sosial
17. Peduli Lingkungn
18. Tanggung Jawab
INPRES NO. 1 TAHUN 2010
Bidang Pendidikan : Penguatan Metodologi dan Kurikulum
-
Penyempurnaan
Kurikulum dan Metode Pembelajaran aktif berdasarkan nilai – nilai budaya bangsa
untuk membenuk daya saing dan karakter bangsa
-
Terselenggaranya
uji coba kurikulum dan metode pembelajaran aktif berdasarkan nilai nilai budaya
bangsa untuk membentuk daya saing dan karakter bangsa
Pengertian karakter dan pendidikan karakter
-
Karakter
adalah perilaku yang dilandasi oleh nilai – nilai berdasarkan norma agama kebudayaan
hukum/ konstitusi, adat istiadat dan estetika
-
Pendidikan
karrakter adalah upaya yng terendcana untuk menjadikan peserta didk mengenal,
peduli dan menginternalisasi nilai – nilai sehingga peserta didik berperilaku
sebagai insan kamil.
Tujuan Pendikan Karakter :
-
Meningkatkan
mutu penyelenggaraan pendidikan dan hasil pendidikan di sekolah melalui
pembentukan karakter peserta didik secara utuh, terpadu dan seimbang, sesuai
dengan standar kompetensi lulusan
Sasaran
-
Seluruh SDN 10 Muntok Semua
warga sekolah terutama para peserta didik sebagai prioritas utama
-
Pendidik
berperan sebagai teladan ( Ing ngarso
sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri hadayani )
Nilai Karakter dalam hubungan manusia dengan Tuhan
-
Religius
Nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri
-
kejujuran
-
kecerdasan
-
rasa
tanggung jawab
-
kebersihan
dan kesehatan
-
kedisiplinan
-
berpikir
logis, kritis , kreatif, inovatif
-
ketangguhan
-
keingintahuan
-
cinta
ilmu
-
rasa
percaya diri
-
kemandirian
-
keberanian
mengambil resiko
-
berorientasi
pada tindakan
-
jiwa
kepemimpinan
-
kerja
keras
Nilai karakter dalam hubungan antar manusia
-
tolong-
menolong
-
kesantunan
-
kesadaran
akan hak dan kewajiban diri dan orang lain
-
kepatuhan
pada aturan – aturan sosial
-
menghargai
karya dan prestasi orang lain
-
demokrasi
Nilai karakter dalam hubungan manusia dengan
lingkungan
-
kepedulian
terhadap lingkungan
Nilai kebangsaan
-
nasionalisme
-
menghargai
keberagaman
Nilai – nilai basis pengembangan karakter
-
religius
-
kejujuran
-
kecerdasan
-
tanggung
jawab
-
kebersihan
dan kesehatan
-
kedisiplinan
-
tolong
– menolong
-
berpikir
logis, kritis , kreatif dan inovatif
Ekstrakulikuler
Komponen
|
Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1. Karate
|
|
Dilaksanakan diluar pelajaran pada sore hari jum’at
|
2. Renang
|
|
Dilaksanakan diluar pelajaran
Dilaksanakan setiap hari Rabu
|
3. Tenis Meja
|
|
Dilaksanakan diluar pelajaran pada sore hari Sabtu
|
PROGRAM KARATE
NO
|
MATERI
|
SEMESTER I
|
SEMESTER II
|
Ket
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
|||
1
|
Gerak dasar
|
v
|
v
|
Ujian
Ujian
|
||||||||||
2
|
Kuda-kuda
|
v
|
||||||||||||
3
|
Tendangan lurus
|
v
|
||||||||||||
4
|
Tendangan samping
|
v
|
v
|
|||||||||||
5
|
Tendangan belakang
|
v
|
v
|
|||||||||||
6
|
Tendangan mutar
|
v
|
||||||||||||
7
|
Pukulan lurus
|
v
|
v
|
|||||||||||
8
|
Pukulan samping
|
v
|
v
|
|||||||||||
9
|
Pukulan memutar
|
v
|
||||||||||||
10
|
Tangkisan depan
|
v
|
v
|
|||||||||||
11
|
Tangkisan samping
|
v
|
||||||||||||
12
|
Langkah kaki siku
|
v
|
||||||||||||
13
|
Ropel langkah
|
v
|
v
|
|||||||||||
14
|
2 langkah samping
|
v
|
v
|
|||||||||||
15
|
bantingan
|
v
|
||||||||||||
PROGRAM RENANG
NO
|
MATERI
|
SEMESTER I SEMESTER II
|
KET
|
|||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
|||
1
2
3
4
|
GAYA KUPU-KUPU
|
|||||||||||||
Gerak maju
|
v
|
v
|
||||||||||||
Mengapung
|
v
|
v
|
||||||||||||
Gerakan tangan
|
v
|
v
|
||||||||||||
Gerakan kaki
|
v
|
v
|
||||||||||||
Melayang
|
v
|
|||||||||||||
GAYA DADA
|
||||||||||||||
Ayunan tangan
|
v
|
v
|
||||||||||||
Gerak dada
|
v
|
v
|
||||||||||||
Gerak kaki
|
v
|
|||||||||||||
GAYA PUNGGUNG
|
||||||||||||||
Gerak ayun tangan
|
v
|
|||||||||||||
Gerakan kaki
|
v
|
|||||||||||||
GAYA BEBAS
|
||||||||||||||
Gerakan tangan
|
v
|
v
|
||||||||||||
Gerakan kaki
|
v
|
v
|
v
|
|||||||||||
PROGRAM TENIS MEJA
NO
|
MATERI
|
SEMESTER I
|
SEMESTER II
|
KET
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
|||
1
2
3
|
SERVIS
|
|||||||||||||
Melambungkan
bola
|
v
|
|||||||||||||
cara memegang
bet
|
v
|
v
|
||||||||||||
Mengayun bet
|
v
|
v
|
||||||||||||
Memukul bola
|
v
|
|||||||||||||
PUKULAN SERANG
|
||||||||||||||
Kecondongan bet
|
v
|
|||||||||||||
Cara mengayun
bet
|
v
|
v
|
||||||||||||
Gerak badan
|
v
|
|||||||||||||
Gerakan kaki
|
v
|
v
|
||||||||||||
Ayunan bahu
|
v
|
|||||||||||||
BERTAHAN
|
||||||||||||||
Posisi bet
|
v
|
|||||||||||||
Mengayun bet
|
v
|
v
|
||||||||||||
beghen
|
v
|
v
|
||||||||||||
4.
Pengaturan Beban Belajar
Pengaturan Beban Belajar di SD Negeri
10Muntok sebagai berikut :
BEBAN BELAJAR SD
NEGERI 10 MUNTOK
SATUAN
PENDIDI
KAN
|
KELAS
|
SATU JAM PEMBELAJA
RAN TATAP MUKA
(MENIT)
|
JUMLAH
JAM PEMBELA
JARAN PER
MINGGU
|
MINGGU
EFEKTIF PER
TAHUN
PELAJAR
AN
|
WAKTU
PEMBELAJARAN PER TAHUN
|
JUMLAH JAM PER TAHUN ( @ 60 MENIT )
|
SD
|
1
s/d III
|
35
|
Kelas
:
I. 30
II. 31
III. 32
|
38
|
Kelas :
I. 1050
II. 1085
III. 1120
Jam pelajaran
Kelas
:
I.
37.800 menit
II.
39.060 menit
III.
40.320 menit
|
Kelas :
I. 630
II. 651
III.
672
|
IV
s/d VI
|
35
|
36
|
38
|
1260
jam pelajaran ( 45360 menit )
|
756
|
5.
Ketuntasan Belajar
Ketuntasan belajar setiap indikator yang telah ditetapkan dalam suatu
kompetisi dasar
berkisar antara 0 – 100 %
STANDAR KETUNTASAN BELAJAR SD
NEGERI 10 MUNTOK
TAHUN PELAJARAN 2011 – 2012
Jumlah jam tatap muka yang tercantum dalam struktur
kurikulum sekolah adalah sebagai berikut :
No
|
Kelas
|
Jumlah Jam pelajaran tatap muka (JTM) per minggu
|
Tugas (40% x JTM per minggu x 35 menit)
|
1
|
I-III
|
30-32
|
Terstruktur dan
mandiri
|
2
|
IV-VI
|
36
|
Terstruktur dan
mandiri
|
Pemanfaatan alokasi waktu kegiatan
terstruktur dan tidak terstruktur sebanyak maksimum 40 % dari jumlah alokasi
waktu tatap muka per mata pelajaran disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing
mata pelajaran. Alokasi waktu dimaksud digunakan untuk pelaksanaan remedial dan
pendalaman / pengayaan materi.
5. KETUNTASAN
BELAJAR
SD NEGERI 10Muntok Bangka
Barat menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal
(KKM) dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik
, kompleksitas, serta kemampuan sumber daya pendukung dalam
penyelenggaraan pembelajaran .
Kriteria ketuntasan
minimal mata pelajaran sebagai berikut
Mata Pelajaran
|
Kriteria Ketuntasan
Minimal
|
|||||||
Pengetahuan
|
Praktik
|
Sikap
|
||||||
KELAS
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||
1.
Pendidikan Agama
|
65
|
65
|
65
|
65
|
63
|
65
|
-
|
B
|
2.
Pendidikan KN
|
60
|
62
|
60
|
60
|
65
|
65
|
-
|
B
|
3.
Bahasa Indonesia
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
-
|
B
|
4.
Matematika
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
-
|
B
|
5.
Ilmu Pengetahuan Alam
|
60
|
61
|
61
|
65
|
67
|
67
|
-
|
B
|
6.
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
60
|
61
|
60
|
65
|
66
|
66
|
B
|
|
7.
Seni Budaya
|
65
|
60
|
65
|
65
|
65
|
65
|
-
|
B
|
8.
Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
65
|
65
|
65
|
65
|
65
|
65
|
-
|
B
|
A. Muatan
Lokal
Lingkungan
Hidup
- Bahasa
Inggris
|
60
-
|
60
-
|
65
60
|
65
63
|
65
62
|
65
63
|
B
|
B
|
B. Pengembangan
diri
- Pramuka
|
||||||||
- BP/ Budi pekerti dan Akhlak Mulia
|
B
|
B
|
Dari data yang ada di
SD/MI Kab. Bangka Barat meningkatkan kriteria ketuntasan belajar secara
bertahap dan terus menerus untuk mencapai kriteria ketuntasan ideal yaitu 100.
6.
Kenaikan Kelas
kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun ajaran. Kritetia
kenaikan kelas diatur
oleh
masing – masing direktoret tehnis terkait.
a. Kriteria kenaikan kelas
1. Nilai rapor diambil dari
nilai pengamatan, nilai harian, nilai tugas / PR, nilai tes
tengah semester dijumlahkan untuk mencari nilai rata – rata setiap siswa
dalam satu
mata pelajaran , yang sesuai dengan criteria ketuntasan belajar
minimal(KKM)
di SD Negeri 10 Muntok.
2. Memiliki kenaikan kelas
b. Penentuan kenaikan kelas
1. Penentuan siswa yang naik
kelas dilakukan oleh sekolah dalam suatu rapat Dewan
guru dengan mempertimbangkan KKM,
2. Siswa
yang dinyatakan naik kelas, rapornya dituliskan naik ke kelas.
3. Siswa
yang tidak naik kelas harus mengulang di kelasnya.
7.
Kelulusan
Sesuai
dengan ketentuan PP 19 / 2005 Pasal 72 Ayat ( 1 ), pereta didik dinyatakan
lulus dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah :
a. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
b. Memperoleh
nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran
kelompok mata pelajaran agama dan akhlak
mulia, kelompok kewarganegaraan dan
kepribadiaan,
kelompok mata pelajaran estetika, dan kelompok mata pelajaran
jasmani
, olahraga dan kesehatan.
c. Lulus ujian
sekolah / madrasah untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan
dan
teknologi ; dan
d. Lulus
Ujian Nasional
8.
Penentuan Kelulusan
a. Kriteria Kelulusan
Hasil ujian dituangkan kedalam blanko daftar nilai ujian hasil ujian
dimanfaatkan
sebagai bahan pertimbangan sekolah untuk penentuan kelulusan dengan
kriteria
sebagai berikut :
1.
Memiliki nilai rapor kelas I – rapor kelas VI
2. Telah
mengikuti ujian sekolah dan memiliki nilai untuk seluruh mata pelajaran
yang
diujikan, minimal nilai masing – masing mata pelajaran 6,00
b.
Penentuan Kelulusan
1.
penetuan siswa yang lulus dilakukan oleh sekolah dalam suatu rapat dewan
guru
dengan
mempertimbangkan nilai rapor, nilai ujian sekolah, sikap / pritual/ budi
pekerti siswa yang bersangkutan dan memenuhi criteria kelulusan.
2. Siswa
yang dinyatakan lulus diberikan ijazah , dan rapor sampai dengan semester 2
kelas
VI Sekolah Dasar
3. Siswa
yang tidak lulus tidak memperoleh ijazah den mengulang di kelas terakhir
BAB IV
III.
KALENDER PENDIDIKAN
Kalender pendidikan adalah pengaturan
waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran.
Kealender pendidikan mencakup permulaan tuhan ajaran, minggu efektif belajar,
waktu pembelajaran efektif dan hari libur.
ANALISA HARI BELAJAR EFEKTIF
KALENDER PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1
|
Permulaan tahun pelajaran
|
Awal tahun pelajaran
|
11 Juli 2011
|
2
|
Minggu efektif belajar
|
36 minggu
|
|
3
|
Ujian/ulangan
|
2
minggu (setiap semester 1 minggu)
|
Pada semester 1
Dilaksanakan pada :
Desember, tanggal 12-17
Pada semester 2dilaksanakan pada Juni, tanggal 4-9
|
4
|
Hari libur keagamaan
|
3 minggu
|
1.Libur awal Ramadhan
30 Juli s.d. 2 agustus
2. Libur Hari Raya Idul Fitri
25 Agustus s.d. 5 September
|
5
|
Jeda Tengah Semester
|
1 Minggu
(3 hari semester 1, dan 3 hari semester 2)
|
s.d. desember
s.d. juni
|
6
|
Pembagian Rapor
|
Akhir semester 1
|
24 Desember 2011
|
7
|
Jeda antarsemester
|
2 Minggu
|
26 Desember -7 januari
|
8
|
Ujian Sekolah
|
3 hari
|
7 mei-10 mei
|
9
|
Ujian Nasional
|
3 hari
|
7 mei-8 mei 2012
|
10
|
Pembagian Rapor
|
Akhir semester 2
|
23 juni 2012
|
11
|
Libur Akhir Tahun Pelajaran
|
2 Minggu
|
25 Juni s.d. 7 juli
|
12
|
Program Remidial
|
Sepanjang hari efektif belajar (16 hari efektif)
|
Untuk remedial proses
Untuk remidial tes yang di
laksanakan setelah ujian dengan menggunakan hari efektif belajar
|
13
|
Hari Libur Umum/Nasional
|
7 hari
|
Disesuaikan dengan pusat
|
14
|
Hari Libur Khusus
|
1 minggu
|
Sesuai dengan kondisi sekolah yang bersangkutan
|
BAB V
PENUTUP
Dalam penyusunan Kurikulum Sekolah Dasar Negeri 10 Muntok Kabupaten
Bangka
Barat yang kami buat disimpulkan bahwa Kurikulum ini adalah Kurikulum operasional yang disusun
dan dilaksanakan oleh masing – masing satuan pendidikan. Diharapkan dengan adanya
Kurikulum ini dapat dijadikan pedoman penyelenggaraan
kegiatan pembelajaran di sekolah untuk mencapai
tujuan ditingkat satuan pendidikan.
Demikian Kurikulum SD Negeri 10
Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka
Barat kami susun semoga dapat memperlancar
dan memperjelas
pelaksanaan operasional di sekolah. Jika ada
kekurangan, kelemahan dan kesalahan kami mohon kritik dan saran untuk memperbaiki penyusunan Kurikulum SD Negeri 10
Muntok Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat untuk masa yang akan
datang.
LAMPIRAN
19. SK, KD Mata Pelajaran dan Muatan Lokal
20. Silabus Mata Pelajaran dan Muatan Lokal
21. Program Mata Pelajaran dan Muatan Lokal
22. Program Pengembangan Diri
23. Pembagian tugas guru mengajar mata
pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar