Home » , , » Paguyuban Bulan Juli 2019 Kelas IV B

Paguyuban Bulan Juli 2019 Kelas IV B

Oleh: "SDN 10 Muntok" | B.I.S.A Sabtu, 20 Juli 2019
Oleh : Isriyanto, S.Pd.SD



A. Tempat & Waktu

Waktu Pelaksanaan:
  • Hari : Sabtu, 20 Juli 2019
  • Waktu : 09.00 WIB s.d. selesai
Tempat Pelaksanaan:
  • Tempat : Ruang Kelas IV B SD Negeri 10 Muntok
  • Alamat : Jl. Raya Muntok-Pangkalpinang Pal. IV, Kp. Daya Baru

B. Agenda Kegiatan
  • Koordinasi orang tua dan guru kelas
  • Musyawarah kemajuan kelas



C. Deskripsi Kegiatan
Kegiatan pertemuan orang tua (paguyuban) dengan guru kelas IV B dihadiri oleh 23 orang tua siswa dari 27 siswa kelas IV B (85%). Kegiatan dibuka oleh guru kelas dengan dimulai dari pemaparan tentang:
1. Kurikulum 2013
Penyampaian tentang kurikulum 2013 kepada orang tua dianggap perlu karena masih banyak orang tua yang masih tidak mengetahui tentang sistem pendidikan yang digunakan oleh anak-anak mereka di sekolah. Kurikulum ini merupakan kurikulum tetap yang diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum-2006 atau yang sering disebut sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang telah berlaku selama kurang lebih 6 tahun. Kurikulum 2013 telah dimulai masuk dalam masa percobaanya pada tahun 2013 pada beberapa sekolah.

Kurikulum 2013 memiliki tiga aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, dan aspek sikap dan perilaku. Di dalam Kurikulum 2013, terutama di dalam materi pembelajaran terdapat materi yang dirampingkan dan materi yang ditambahkan. Materi yang dirampingkan terlihat ada di materi Bahasa Indonesia, IPS, PPKn dan beberapa materi lain, sedangkan materi yang ditambahkan adalah materi Matematika.

Salah satu bentuk ciri pelakasanaan kurikulum 2013 terutama di tingkat dasar adalah penilaian yang secara kompleks pada proses pembelajaran dan penilaian pembentukan karakter melalui indikator melalui aspek spritual dan sikap sosial. Hal ini menjadi penilaian utama pada kurikulum ini karena aspek spiritual dan sikap sosial siswa menjadi bagian yang dinilai. Karena untuk menjadi pintar saat ini mudah, ada les private. Sementara untuk menjadi manusia berkarakter butuh proses yang harus ditanamkan sejak dini.

Pada prinsipnya ada lima nilai utama karakter yang akan menjadi pedoman pelaksanaan PPK (penguatan pendidikan karakter) yakni, nasionalisme, integritas, kemandirian, gotong royong, dan religius.

Selain daripada itu perbedaan utama ada pada materi ajar yang tidak lagi dengan mata pelajaran tetapi dengan sistem terpadu materi pelajaran dalam tema mata ajar.

2. Penghambat Siswa dalam Belajar
1. Penggunaan Hp yang tidak terkendali
Pada pertemuan ini guru kelas mengingatkan penggunaan Hp (game) secara berlebihan sangat mempengeruhi belajar siswa. Sehingga, jika tidak ada pengawasan dan pembatasan yang dikhawatirkan memberikan pengaruh pada proses dan hasil belajar siswa di sekolah sehingga tidak tercapai hasil belajar yang diharapkan oleh guru maupun orang tua

2. Orang tua sudah membiarkan siswa membawa motor sendiri
Pada kesempatan ini juga guru kembali mengingatkan beberapa kejadian yang tidak diharapkan menimpa beberapa siswa SD Negeri 10 Muntok karena orang tua sudah memberikan kebebasan kepada anaknya membawa motor sendiri padahal belum waktunya.

3. Mengingatkan tentang Fungsi Paguyuban
Guru menyampaikan 2 fungsi utama dari paguyuban kelas yaitu:
  1. MEMBANTU SEKOLAH DALAM MEMAJUKAN PENDIDIKAN ANAK
  2. BERPARTISIPASI DALAM MEMAJUKAN SEKOLAH DASAR, SEPERTI PROGRAM: HALAMAN HIJAU, TOILET BERSIH, DAN KELAS INDAH.
Setelah pemaparan dari guru, diberikan kesempatan kepada orang tua untuk menyampaikan informasi, pertanyaan, atau usulan untuk kebaikan siswa dan kelas. Dari orang tua beberapa hal yang ditanyakan:
1. Bagaimana kedudukan pelajaran Bahasa Inggris di SD?

Jawaban:
Sebelumnya orang tua harus mengetahui bahwa pelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar (SD) adalah bagian dari mata pelajaran tambahan. Maka, khusus di SD tidak ada tenaga guru PNS untuk Bahasa Inggris. Akan tetapi boleh diadakan oleh sekolah tersebut, sesuai dengan kemampuan sekolah membayar guru khusus (honor) untuk pelajaran tersebut. Secara kebetulan saat ini SD Negeri 10 Muntok masih kendala kepada tenaga honorer khusus untuk pelajaran Bahasa Inggris dengan pembayaran atau penggajiannya sehingga belum bisa mengadakan pelajaran Bahasa Inggris.

2. Sejauh mana pengaruh paguyuban mempengaruhi belajar siswa?

Jawaban:
Sebelumnya telah disampaikan 2 fungsi utama dari paguyuban di kelas salah satunya memajukan pendidikan anak. Bagaimana caranya? Pertama dengan pertemuan rutin orang tua dan guru dapat saling memberikan informasi tentang masalah yang dihadapi anak. Orang tua dapat memberikan informasi kepada guru tentang karakter dan kebiasaan anak di rumah sehingga guru bisa menentukan strategi apa yang perlu dilakukan untuk anak tersebut di kelas. Sebaliknya, guru dapat memberikan informasi kepada orang tua tentang kemajuan belajar siswa di kelas. Sehingga orang tua dapat menentukan dorongan apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan nilai belajar siswa di sekolah. Kedua orang tua sebagai figur utama untuk anak harus bisa memperlihatkan kepedulian orang tua terhadap belajar siswa di sekolah. Contoh bertanya kepada anak setelah pulang dari sekolah, Dapat berapa saja nilai hari ini?. Menyenangkan tidak pelajaran hari ini?. atau pertanyaan-pertanyaan lain yang berhubungan dengan belajar siswa di sekolah. Termasuk bentuk kepedulian orang tua terhadap belajar siswa di sekolah dengan rajin menghadiri kegiatan pertemuan paguyuban karena bisa langsung bertemu dengan gurunya di kelas untuk bertanya perkembangan belajar anaknya di sekolah. Ketiga setiap orang tua memiliki strategi berbeda dalam memberikan dorongan kepada anak untuk semangat belajar di sekolah. Dengan pertemuan rutin orang tua pada kegiatan paguyuban bisa saling berbagi strategi tersebut sehingga hasil belajar yang baik dan bagus bisa merata di kelas.

D. Tindak Lanjut

  1. Diharapkan orang tua dapat memperhatikan 2 hal yang dapat menghambat belajar siswa yaitu; Penggunaan Hp yang tidak terkendali dan siswa membawa motor sendiri
  2. Pertemuan paguyuban akan melakukan pertemuan rutin setiap bulannya yaitu hari Sabtu pada minggu pertama.

DOKUMENTASI





Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KARTINI KARTINI KARTINI
Flag Counter