Home » , , » Paguyuban Bulan Juli 2019 Kelas VI B

Paguyuban Bulan Juli 2019 Kelas VI B

Oleh: "SDN 10 Muntok" | B.I.S.A Sabtu, 20 Juli 2019
Oleh : Jefti Mardayanti, S.Pd

A.   DESKRIPSI TEMPAT DAN WAKTU
1.      Waktu Pelaksanaan
Kegiatan Paguyuban Kelas VIb Tahun Pelajaran 2019/2020 dilaksanakan pada :
a.         Hari                :  Sabtu, 20 Juli 2019
b.        Waktu             :  09.00 WIB s.d. selesai
2.      Tempat Pelaksanaan
a.       Tempat             :  Ruang Kelas VIb SD Negeri 10 Muntok
b.      Alamat              :  Jl. Raya Muntok-Pangkalpinang Pal. IV, Kp. Daya Baru

B.      AGENDA KEGIATAN
1. Pemilihan Pengurus Paguyuban Kelas VIb Tahun Pelajaran 2019/2020
2. Pembahasan Program Belajar Siswa Kelas VI

C.    DESKRIPSI KEGIATAN
Pertemuan paguyuban kelas VIb Tahun pelajaran 2019/2020 yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 Juli 2019 dihadiri 69% dari total keseluruhan orang tua siswa dengan agenda pertemuan paguyuban adalah pemilihan pengurus dan pembahasan program belajar siswa. Kegiatan pertemuan dimulai pada pukul 09.00 wib dengan berdoa bersama dan dilanjutkan agenda yang pertama yaitu pemilihan pengurus paguyuban. Sebelum pemilihan pengurus paguyuban tahun pelajaran 2019/2018 wali kelas VIb menyampaikan terimakasih atas kesediaan orang tua yang telah meluangkan waktu untuk hadir dan selalu mendukung program-program belajar yang dirancang sekolah maupun wali kelas dan meminta maaf jika dalam proses belajar masih terdapat kekurangan selanjutnya wali kelas memberikan kesempatan kepada perwakilan pengurus paguyuban tahun pelajaran 2018/2019 untuk menyampaikan laporan hasil program kerja paguyuban yang dipaparkan oleh orang tua dari siswa Muhammad Pahsa. Adapun program kerja paguyuban tahun pelajaran 2018/2019 yang telah terlaksana adalah pengecatan ruang kelas dan pembelian serta pemasangan kipas angin untuk kelas sebanyak 4 buah.
Kegiatan pemilihan pengurus paguyuban di pimpin oleh orang tua dari Nazwa Latifa sebagai perwakilan dari kelompok Bapak-Bapak yang hadir. Berdasarkan hasil musyawarah mufakat orang tua siswa  diperoleh keputusan bahwa pengurus paguyuban kelas VIb tahun pelajaran 2019/2020 adalah sebagai berikut: Ketua Paguyuban Orang tua dari siswa Fahri Ardianto, Sekretaris Orang Tua dari Deca Agustina, dan Bendahara Orang Tua dari Muhammad Pahsa. Pada kegiatan pembahasan program kerja paguyuban wali kelas memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada orang tua siswa untuk memberikan berbagai masukan, ide guna tercapainya keberhasilan siswa dalam belajar dan peningkatan mutu sekolah hanya saja program kerja paguyuban belum dapat diputuskan karena mengingat jumlah orang tua siswa yang hadir hanya 69 % sehingga program kerja paguyuban akan diputuskan pada pertemuan selanjutnya.
Agenda pertemuan selanjutnya adalah pembahasan program belajar siswa kelas VI, wali kelas VIb menyampaikan program belajar kelas VI yang telah diprogramkan oleh sekolah dan telah berjalan pada tahun-tahun sebelumnya seperti pelajaran tambahan setelah pulang sekolah dan karya wisata diakhir tahun. Selain itu wali kelas VIb juga meminta orang tua untuk membimbing siswa dalam belajar pemberian soal ketika selesai belajar, menyediakan buku referensi yang dapat menambah pengetahuan siswa, dan mengikuti bimbel/les. Wali kelas VIb juga meminta orang tua untuk terlibat aktif dalam proses belajar siswa  baik di rumah maupun di sekolah. Orang tua dapat menanyakan kemajuan belajar siswa secara personal ke wali kelas dengan tujuan menjaga kepercayaan diri siswa dalam belajar. Pemaparan wali kelas disambut baik oleh orang tua siswa bahkan beberapa orang tua langsung meminta beberapa referensi buku yang baik untuk pendamping siswa belajar dirumah, meminta pemberian tugas rumah (PR) setiap hari dengan tujuan agar siswa belajar bukan hanya di sekolah tapi juga saat di rumah, dan mengadakan kegiatan berdoa bersama sebelum menghadapi ujian.
Kegitan dilanjutkan dengan sharing. Wali kelas VIb meminta orang tua memberikan pendapat, kritikan dan saran terhadap proses belajar siswa mengingat siswa kelas VIb merupakan siswa yang sama pada kelas V demi kemajuan siswa kelas VIb selanjutnya. Salah satu perwakilan orang tua  (diwakilkan oleh orang tua dari Nazwa Latifa) menyatakan bahwa sejauh ini program yang ada dan telah berjalan sudah sangat baik dapat dilihat dari perubahan sikap siswa selama satu tahun kemarin. Siswa lebih berani mengungkapkan pendapat dan yang terutama nilai hasil belajar siswa terdapat peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya.
Diakhir kegiatan perwakilan orang tua (diwakilkan orang tua dari Muhammad Pahsa, Nazwa Latifa, Widya Nevisa) menyampaikan terimakasih dan permohonan maaf terkait perilaku siswa yang mengecewakan atau bahkan menyakiti guru atau sekolah selama proses belajar siswa. Selain itu orang tua juga menyerahkan dan mempercayakan sepenuhnya siswa kepada guru dan sekolah selama proses pembelajaran berlangsung serta mendukung penuh program-program sekolah.

D.    SIMPULAN
Adapun kesimpulan hasil pertemuan paguyuban adalah:
  1. Pengurus paguyuban kelas VIb tahun pelajaran 2019/2020: Ketua Paguyuban Orang tua dari siswa Fahri Ardianto, Sekretaris Orang Tua dari Deca Agustina, dan Bendahara Orang Tua dari Muhammad Pahsa
  2. Orang tua proaktif memberikan pendampingan dalam proses belajar siswa dirumah
  3. Orang tua siswa mendukung penuh program-program sekolah dan mempercayakan sepenuhnya siswa kepada dan guru dan sekolah.


E.     .TINDAK LANJUT
Penyusunan rancangan program kerja jangka pendek dan jangka panjang.

DOKUMENTASI







Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KARTINI KARTINI KARTINI
Flag Counter