Home » , , » Elaborasi Kombel & Magic Studio in Canva

Elaborasi Kombel & Magic Studio in Canva

Oleh: "SDN 10 Muntok" | B.I.S.A Senin, 03 Juni 2024


Elaborasi adalah proses pengembangan ide atau informasi secara lebih mendalam dan terperinci. Dalam konteks komunitas belajar, elaborasi merupakan tahap di mana kepala sekolah dan guru dapat menganalisis dan menyimpulkan suatu informasi dan konsep dari komunitas itu sendiri secara cermat dan mendalam.

Tujuan utama elaborasi komunitas belajar ini adalah untuk menguatkan anggota komunitas dalam memahami informasi dengan lebih baik dan membangun koneksi antara konsep-konsep yang berbeda. Hal ini dapat dicapai dengan berbagai informasi yang diberikan.

Nah, elaborasi komunitas belajar adalah menjadi salah satu agenda kegiatan pertemuan kombel SD Negeri 10 Mentok bulan Juni 2024 selain agenda berbagi praktik baik yang dilaksanakan pada hari Senin, 3 Juni 2024. Pada kegiatan ini selain dihadiri oleh seluruh guru dan PTK juga dihadiri oleh pengawas sekolah yaitu Ibu Tini Suryati, S.Pd karena bertepatan dengan kegiatan supervisi kepala sekolah.

Kegiatan dibuka oleh moderator Lola Handhiana, S.Pd, kemudian dilanjutkan elaborasi pemahaman tentang Komunitas Belajar (Kombel) oleh kepala sekolah Isriyanto, S.Pd.SD. Selain menyampaikan tentang informasi makna, tujuan, dan manfaat dari komunitas belajar yang ada, kepala sekolah juga menyampaikan tentang analisis data, hasil dari supervisi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas. Dari hasil supervisi itu ada beberapa catatan yang patut diperhatikan dalam kegiatan proses pembelajaran diantaranya tentang kedalaman dan keluasan materi dalam penyampaian konsep serta kesepakatan keyakinan kelas dalam mencapai penguasaan kelas.

Setelah penyampaian elaborasi dilanjutkan berbagi praktik baik oleh Septi Dewi Anggraini, S.Pd. Pada pertemuan bulan ini, materi praktik baiknya adalah pemanfaatan menu Magic Studio (studio ajaib) dan Avatar HeyGen AI pada aplikasi Canva. Penyampaian materi melalui metode praktik langsung, sehingga proses dan cara penggunaan dapat diikuti oleh guru-guru lain.

Setelah kegiatan disksusi dan tanya jawab tentang materi yang disampaikan, pertemuan ditutup dengan arahan sekaligus penguatan dari pengawas sekolah yaitu Ibu Tini Suryati, S.Pd. Dalam arahannya, beliau menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan kombel yang telah berjalan di SD Negeri 10 Mentok. Harapannya dengan semangat yang tinggi dan dengan modal aset manusia yang dimiliki oleh sekolah ini mampu membawa perubahan yang lebih baik lagi, sehingga mampu bersaing dengan sekolah-sekolah unggulan yang lain. Sekaligus beliau berharap kegiatan pertemuan kombel ini tetap dipertahankan karena memiliki nilai dan manfaat yang sangat besar baik untuk pribadi guru maupun sekolah.@






Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KARTINI KARTINI KARTINI
Flag Counter