Home » , , » Aplikasi 𝓑𝓘𝓢𝓐; Aplikasi 🅱erbasis 🅸ntegrasi 🆂martphone 🅰ndroid

Aplikasi 𝓑𝓘𝓢𝓐; Aplikasi 🅱erbasis 🅸ntegrasi 🆂martphone 🅰ndroid

Oleh: "SDN 10 Muntok" | B.I.S.A Sabtu, 20 Juli 2024

Teknologi telah mengubah wajah pendidikan secara drastis. Dulu, proses belajar mengajar didominasi oleh buku teks dan papan tulis. Kini, sekolah-sekolah modern semakin beralih ke pendekatan yang lebih interaktif dan berbasis teknologi. Teknologi telah membuka jalan bagi cara-cara baru dalam berkolaborasi, terutama di lingkungan sekolah. Dengan berbagai alat dan platform yang tersedia, baik antara siswa dan guru maupun antara guru, tenaga kependidikan dan kepala sekolah dapat bekerja sama secara lebih efektif dan kreatif.

Kolaborasi berbasis teknologi telah menjadi bagian integral dari pendidikan modern. Dengan memanfaatkan berbagai alat dan platform yang tersedia, sekolah dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis, menarik, dan relevan dengan kebutuhan sekolah di abad ke-21.

Membuka pertemuan Komunitas Belajar (KOMBEL) guru SD Negeri 10 Muntok di Tahun Ajaran 2024/2025, dimulai dengan pengenalan dan penguatan IT dalam administrasi dan pengelolaan nilai (rapor) pada Kurikulum Merdeka melalui Aplikasi BISA yaitu Aplikasi Berbasis Integrasi Smartphone Android.

Aplikasi BISA merupakan aplikasi internal yang dimiliki SD Negeri 10 Muntok berbasis android yang diinstall pada Hp setiap guru. Melalui aplikasi ini diharapkan dapat memberikan beberapa kemudahan kepada guru terutama:
  1. Absen digital siswa
  2. Jurnal kelas digital
  3. Buku piket digital
  4. Bank Soal Digital
  5. Pemberian tugas BDR
  6. Akses pembelajaran Muatan Lokal (MULOK)
  7. Akses PMM
  8. E-Book IKM
  9. Akses E-Kin Bangka Barat
  10. Arsip Kumpulan SK selama di SDN 10 Muntok
  11. Klinik Karakter
  12. dan Kalender Pendidikan
Selain aplikasi berbasis android ini, dalam kegiatan ini juga guru bersama-sama merumuskan pembuatan aplikasi buku penilaian siswa sebagai dasar penilaian pada buku rapor setiap semesternya. Sehingga, dalam kegiatan ini disepakati penggunaan aplikasi buku penilaian dan rapor siswa berbasis Microsoft Excel. Dengan bentuk 3 in 1 yaitu dalam satu aplikasi terdapat tiga penilaian (rapor); Semester 1, Semester 2, dan P5.@







Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KARTINI KARTINI KARTINI
Flag Counter