Home » » Kegiatan HUT Kemerdekaan RI Ke-73

Kegiatan HUT Kemerdekaan RI Ke-73

Oleh: "SDN 10 Muntok" | B.I.S.A Jumat, 31 Agustus 2018
Kemerdekaan senantiasa mempunyai arti yang sangat penting bagi kehidupan suatu bangsa, termasuk Indonesia. Proklamasi kemerdekaan Indonesia dan pengakuannya oleh dunia telah didapatkan bangsa ini dengan perjuangan berat tak kenal pamrih. Dengan modal kemerdekaan, suatu bangsa akan memiliki harga diri dan dapat bersama-sama duduk saling berdampingan dengan bangsa-bangsa di dunia.

Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan peristiwa detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 17 Agustus 1945 Tahun Masehi atau bertepatan dengan tanggal 17 Agustus 2605 menurut tahun Jepang. Detik-detik yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia itu dilaksanakan di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, sekarang disebut sebagai Jalan Proklamasi No.1, Jakarta Pusat. Ir. Soekarno didampingi oleh Drs. Muhammad Hatta membacakan teks naskah Proklamasi yang sebelumnya telah diketik oleh Sayuti Melik. 
Bertepatan pada tahun ini (2018), tanggal 17 Agustus bertepatan pada hari Jum'at. Banyak kegiatan-kegiatan untuk memeriakan HUT RI ke 73 baik di tingkat Rukun Warga (RW), sekolah sampai kabupaten khususnya di Kabupaten Bangka Barat.

Guna meramaikan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia biasanya Warga Indonesia terutama di Kabupaten Bangka Barat mengadakan berbagai macam kegiatan positif, tidak ketinggalan di sekolah-sekolah khususnya SD Negeri 10 Muntok. Pada tahun ini (2018) beberapa kegiatan baik yang diikuti di tingkat kabupaten maupun kegiatan di lingkungan sekolah dalam rangka memeriakan HUT RI ke 73 adalah : 

1. Gerak Jalan Kabupaten Bangka Barat
Dilaksanakan pada hari Senin (13/8). Pada kegiatan ini SD Negeri 10 Muntok berpartisipasi dengan mengirimkan 2 group terdiri dari 1 group laki-laki dan 1 group perempuan.



2. Karnaval
Mengangkat tema "Dengan Potensi Pariwisata Bangka Barat Kita Dukung dan Sukseskan ASIAN GAMES KE-18" yang dilaksanakan pada hari Senin (20/8) untuk menyampaikan kepada masyarakat pentingnya menjaga dan melestarikan segala potensi wisata yang ada di Kabupaten Bangka Barat sebagai daya tarik bagi wisatawan, baik lokal maupun maupun mancanegara. Apalagi berketepatan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games Ke 18 dengan Jakarta dan Palembang menjadi tempat utama pelaksanaan. Kabupaten Bangka Barat sebagai tempat yang potensial dan terdekat dari penyeberangan Palembang harus mampu menarik minat pengunjung Asian Games untuk berkunjung ke Kabupaten Bangka Barat. Sekaligus tema ini memberikan dukungan dan semangat kepada atlet-atlet Indonesia yang bertanding.





3. Bangka Barat 10 K
Dilaksanakan pada hari Selasa (14/8), beberapa siswa utusan SD Negeri 10 Muntok baik dari kelas rendah maupun kelas tinggi telah mengambil bagian pada perlombaan ini. Dari perlombaan ini atas nama siswa Deca Gutriana Kelas V B berhasil sebagai juara II.

4. Lomba 
Kegiatan perlombaan siswa yang dilaksanakan di lingkungan SD Negeri 10 Muntok pada hari Sabtu (1/9) adalah :

Lari Kelereng


Lari Karung


Tarik Tambang


Joget Balon


Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KARTINI KARTINI KARTINI
Flag Counter