Home » , , , » Paguyuban Bulan Juli 2019 Kelas VI A

Paguyuban Bulan Juli 2019 Kelas VI A

Oleh: "SDN 10 Muntok" | B.I.S.A Sabtu, 20 Juli 2019
Oleh: Lola Handhiana, S.Pd 

A. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN 

1. Waktu Pelaksanaan 
    Hari : Sabtu, 20 Juli 2019 
    Waktu : 09.00 WIB s.d selesai 

2. Tempat Pelaksanaan 
    Tempat : Ruang kelas VI A SDN 10 Muntok 
    Alamat : Jl. Raya Pangkalpinang Pal IV, Kp. Daya Baru 


B. AGENDA KEGIATAN 

   1. Koordinasi orangtua dan guru 
   2. Musyawarah kemajuan kelas 

C. DESKRIPSI KEGIATAN 

Kegiatan pertama pertemuan dengan orang tua (paguyuban) dengan guru kelas VI A dihadiri oleh 20 orang tua siswa dari 28 siswa. Kegiatan dibuka oleh guru kelas dengan dimulai dari pemaparan tentang: 
1. Perkenalan 
Guru memulai kegiatan ini melalui perkenalan dengan orangtua siswa, karena guru kelas VIA merupakan guru baru yang mulai mengajar di SDN 10 Muntok sejak tanggal 1 April 2019. Diharapkan melalui perkenalan ini, komunikasi antara orangtua dan guru dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga akan mempermudah guru dalam memantau perkembangan anak melalui orangtua. 

2. Pemilihan Ketua, skretaris dan bendahara paguyuban 
Pada pertemuan ini, guru melakukan pemilihan pengurus paguyuban berdasarkan hasil suara dari orangtua yang lainnya. Sehingga yang terpilih menjadi pengurus paguyuban kelas yaitu: 

Ketua Paguyuban : Mama Ahmad 
Sekretaris : Mama Feliska 
Bendahara : Mama Veni 

3. Peran orangtua 
Pada pertemuan ini, guru menjelaskan mengenai pentingnya peran orangtua dan guru dalam membimbing anak-anak. Guru memberikan pengarahan pada orangtua untuk selalu mengawasi perilaku anak di rumah seperti memantau penggunaan HP di rumah dan kegiatan belajar di rumah, karena guru tidak dapat memantau anak satu persatu ketika sudah pulang sekolah. Zaman sekarang penggunaan tekhnologi sudah semakin canggih, jadi sudah hal biasa bagi anak-anak dalam menggunakan HP terutama siswa SD. Terlebih lagi orangtua yang terlalu memanjakan anak untuk membelinya HP dan membebaskan dalam penggunaannya tanpa adanya pengawasan yang baik dari orangtua terhapad anak. Hal ini merupakan salah satu masalah yang dihadapi oleh guru, oleh karena itu, guru menghimbau orangtua untuk dapat membatasi penggunaan HP pada anaknya dan memantau isi Hpnya. Sehingga dengan pengawasan yang baik dari orangtua maka anak-anak akan terarah dalam menggunakan HP. Selanjutnya mengenai waktu belajar anak di rumah. Guru menghimbau orangtua untuk mengatur waktu belajar anak di rumah walaupun hanya sebentar, jadi setiap hari anak-anak ada waktu untuk belajar dan tidak terlalu banyak bermain. 

4. Proses pembelajaran 
Dalam proses pembelajaran, guru menjelaskan mengenai kemampuan siswa dalam belajar,guru menghimbau untuk orangtua membantu guru dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran melalui adanya waktu untuk anak belajar di rumah, sehingga kenadala yang ada dalam proses pembelajaran dapat terselesaikan dan siswapun akan memperoleh nilai yang baik. Salah satu kendala dalam proses pembelajaran yaitu mengenai hapalan perkalian. Guru telah mengetes perkalian siswa dan masih ada beberapa siswa yang belum hapal perkalian. Jadi, guru mengharap bantuan dari orangtua untuk membatu siswa menghapal perkalian di rumah, guru dan orangtua sepakat dalam waktu 1 bulan ini semua siswa sudah hapal perkalian.Oleh karena itu, guru berharap adanya kerja sama yang baik antara guru dengan orangtua mengenai belajar siswa. 

5. Keindahan kelas 
Kelas merupakan tempat siswa dan guru melangsungkan proses pembelajaran sehari-hari, guru menyampaikan kondisi kelas VIA saat ini pada orangtua. Orangtua dapat merasakan bagaimana keadaan dan kondisi kelas. Memang ada beberapa kekurangan yang terdapat di dalam kelas sehingga bermasalah terhadap kenyamanan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Melalui musyawarah guru dengan orangtua inilah paguyuban kelas sepakat untuk memberikan bantuan terhadap kelas sehingga kelas menjadi lebih indah dan pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Inilah salah satu fungsi dari paguyuban kelas, diharapkan melalui dukungan dan bantuan dari paguyuban ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar sehingga keadaan kelas menjadi lebih indah dan proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar. 

6. Agenda kelas 
Dalam pertemuan ini, guru menyampaikan pada orangtua mengenai agenda kelas yaitu melakukan sarapan bersama setiap hari sabtu. Kegiatan ini diharapkan dapat mempererat silahturahin antara siswa dan guru, melatih siswa untuk selalu sarapan sebelum belajar sehingga siswa dapat fokus dan konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran di kelas. 

D. Tindak lanjut 
  1. Diharapakn orangtua dapat bekerjasama dalam mengawasi anak di rumah baik dari segi perilaku maupun pembelajaran. 
  2. Pertemuan paguyuban dalam rangka mengindahkan kelas pada bulan Agustus.

DOKUMENTASI



Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KARTINI KARTINI KARTINI
Flag Counter