Home » , , » Pengimbasan IKM Sekolah Penggerak || Transformasi Digital dalam Pendidikan

Pengimbasan IKM Sekolah Penggerak || Transformasi Digital dalam Pendidikan

Oleh: "SDN 10 Muntok" | B.I.S.A Kamis, 22 Februari 2024


Sebanyak 13 guru SD Negeri 10 Mentok dan kepala sekolah mengikuti kegiatan Pengimbasan IKM dari Sekolah Penggerak SD Santa Maria Mentok hari Kamis, 22 Februari 2024. Dalam kegiatan didampingi oleh seluruh guru dan tenaga kependidikan Santa Maria juga dihadiri oleh Koordinator UPTD Kecamatan Mentok Bapak Budi Wahana, S.Ag. Dalam sambutannya, ia menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas terlaksananya kegiatan ini. Dimana Santa Maria sebagai sekolah penggerak telah bersedia memfasilitasi kegiatan ini. Dan dapat berbagi ilmu kepada guru-guru lain dalam rangka memaksimalkan implementasi kurikulum merdeka di sekolah-sekolah, khususnya sekolah pengimbasan.

Sebelumnya, kegiatan telah dibuka oleh kepala sekolah yaitu Ibu Maria Susanti, S.Pd.SD. Dalam sambutannya, ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh peserta kegiatan yang telah hadir di SD Santa Maria. Dimana kegiatan ini adalah kegiatan lanjutan dari pertemuan-pertemuan sebelumnya dengan sekolah-sekolah yang menjadi pengimbasan SD Santa Maria sebagai sekolah penggerak angkatan 1. Untuk pengimbasan ini, selain diikuti oleh sekolah imbas juga diikuti oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) Kelas IV Kecamatan Mentok.

Tema dalam kegiatan pengimbasan ini adalah Transformasi Digital dalam Pendidikan yang dipandu oleh Bapak Suwito, S.I.Kom. Terutama pemanfaatan Media A.I (Artificial Intelligence - Kecerdasan Buatan) dalam pembelajaran dan administrasi guru. 

Dalam penyampaiannya, bahwa dengan semakin kompleksnya kebutuhan pendidikan sekarang menuntut kita sebagai guru dan pendidik untuk dapat memanfaatkan teknologi. Salah satu diantaranya untuk dapat membantu dan memudahkan kita dalam proses pembelajaran. Diantaranya adalah pemanfaatan Media A.I dalam memudahkan kita untuk melengkapi administrasi guru (modul ajar, assesmen, program P5, dsb) yang selama ini dianggap berat dan membutuhkan waktu yang lama.

Setelah penyampaian materi, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan kelompok dalam memperaktikan pembuatan beberapa perlengkapan administrasi guru (modul ajar, assesmen, program P5, dsb). Dan ditutup dengan presentasi hasil setiap kelompok serta photo bersama.@





Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KARTINI KARTINI KARTINI
Flag Counter